Waspada! Ini Tanda Kopling Mobil Kalian Habis

Waspada! Ini Tanda Kopling Mobil Kalian Habis

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi kalian pengendara mobil kalian harus memperhatikan kesehatan mobil kalian guna menjaga keselamatan diri kalian dan juga orang lain saat dijalan raya.

Salah satu perawatan mobil yang kalian harus pahami yaitu kopling mobil pribadi kalian.

Sebagai informasi, kopling mobil berguna menjaga putaran mesin dan membantu dalam kinerja transmisi. 

BACA JUGA:WOW! Indonesia Bakal Bikin Mobil Nasional!

Saat ini akan ada beberapa tanda bahwa kopling mobil kalian mengalami masalah usahakan ganti konsul dengan bengkel secepat mungkin :

1. Selip kopling

Kondisi kampas kopling yang sudah aus dapat mengakibatkan selip kopling. Hal ini biasa terjadi pada saat mobil melewati jalan yang menanjak. Pengendara menginjak pedal gas dalam namun mobil tetap saja tidak kuat untuk melewati tanjakan, yang keluar dari mobil hanya suara yang keras. 

2.Bau Gosong

BACA JUGA:Pelat Nomor Ilang, Bolehkan Membuat di Pinggir Jalan?

Tanda yang paling mudah terlihat saat kampas ini habis adalah timbulnya bau gosong. Hal ini disebabkan karena komponen ini terbakar akibat gesekan yang terus menerus terjadi. Bau ini akan tercium terutama saat mobil melewati kondisi jalan yang menanjak atau turun.

3.Boros bahan bakar

Saat kampas kopling habis, tentunya beban kerja mesin akan semakin berat. Dengan begitu bahan bakar yang dibutuhkan pun otomatis akan lebih besar. 

4.Perpindahan transmisi sulit

BACA JUGA:Mesti Tahu! Ternyata ini Penyebab Velg Mobil Cepat Rusak

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: