Begini Cara Jaga Keamanan Mobil Saat Berkendara Jauh

Begini Cara Jaga Keamanan Mobil Saat Berkendara Jauh

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan jauh kalian harus memperhatikan keselamatan yang utama.

Tak hanya kesehatan bagi kalian yang ingin berpergi jauh, tetapi juga kesehatan kendaraan yang kalian gunakan.

Kali ini akan ada tips untuk mobil kalian saat digunakan untuk berpergian yang jauh, yuk simak tipsnya :

BACA JUGA:Mobil Listrik Murah Tapi Fitur Mewah, Inilah Spesifikasi Wuling Bingo

1.Cek Kondisi Kendaraan

Saat melakukan perjalanan darat atau yang lebih kita kenal dengan istilah road trip, kondisi kendaraan adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan tentunya. Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. Cek kondisi mesin dan pastikan tidak overheat saat menempuh perjalanan jauh.

Anda juga dapat mengisi penuh bahan bakar Anda, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila Anda kesulitan menemukan pom bensin di daerah perjalanan Anda. Selain itu, kondisi ban juga harus baik, perhatikan segi permukaan ban dan pastikan tekanan anginnya sudah cukup.

2. Jangan Membawa Beban Melebihi Kapasitas Mobil 

BACA JUGA:Jangan Lansung diHidupkan! Inilah Dampak Menghidupkan AC Mobil Usai Terparkir Lama di Luar Ruang dengan Cuaca Panas!

Membawa oleh-oleh adalah salah satu bagian dari budaya mudik secara keseluruhan. Lalu memasukkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk perjalanan jarak jauh juga merupakan keharusan. Namun jangan lupakan bahwa mobil Anda juga punya batas kapasitas maksimal. 

Jadi jangan “menyiksa” mobil dengan membawa beban muatan yang melampaui kapasitas maksimalnya. Setiap kendaraan didesain memiliki batas kemampuan dalam mengangkut total beban penumpang dan barang . Ada risiko berbahaya jika Anda memaksakan muatan melebihi dari itu.

Tak hanya barang bawaan, jumlah penumpang pun perlu diperhatikan, jangan sampai kapasitas mobil yang hanya bisa mengangkut 7-8 orang, saat mudik Anda paksakan membawa 10 bahkan lebih banyak orang di dalamnya. Tak hanya risiko kerusakan, Anda juga berisiko mengalami kecelakaan. Jadi tips mudik yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan muatan mobil tidak melebihi kapasitasnya. 

3.Persiapkan Gadget dan Permainan

BACA JUGA:Panduan Untuk Memilih Mobil Bekas, Simak Tips dan Langkah Membelinya!

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: