7 Tips Hemat BBM Mobil yang Bisa Kalaian Lakukan saat Liburan

7 Tips Hemat BBM Mobil yang Bisa Kalaian Lakukan saat Liburan

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Pergi berlibur atau tamasya dengan mobil ke tempat yang belum pernah dikunjungi memang menjadi sebuah hal seru dan menyenangkan. Apalagi saat kalian pergi berlibur dengan mobil bersama orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, pasangan, atau teman-teman, tentu akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Bersama mereka, ada banyak keseruan yang bisa dilakukan selama perjalanan berlangsung. Berbagi cerita atau bermain games sederhana juga dapat membuat perjalanan menjadi lebih asyik.

Namun, tentunya perjalanan yang seru dan menyenangkan ini bukan hanya ditentukan dengan siapa kalian pergi berlibur saja. Beberapa faktor dapat mempengaruhi kelancaran perjalanan liburanmu. Salah satu hal yang kerap terjadi dan patut diperhatikan adalah mobil yang boros bahan bakar atau BBM. Hal ini kerap kali terjadi saat orang-orang pergi berlibur menggunakan mobil sehingga menjadi hambatan dalam perjalanan mereka. Bukan hanya waktu yang terbuang untuk mencari tempat pengisian bensin, dompetmu juga akan terkuras jika mobilmu sangat boros BBM.

Lalu, apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk membuat mobil menjadi lebih hemat BBM? Apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk membuat mobil menjadi lebih hemat BBM? Melalui artikel kali ini, Maybank Finance akan memberitahumu tips membuat mobil hemat BBM saat digunakan dalam liburan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA:Siapkan Mobil Anda untuk Liburan Akhir Tahun: Tips Praktis dan Penting

Strategi Hemat BBM dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Periksa Tekanan Angin dan Penggunaan Jenis Ban

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah tekanan angin yang stabil pada setiap ban mobil. Mungkin hal ini terdengar remeh, akan tetapi tekanan angin pada ban yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja mobil dalam mengkonsumsi bahan bakar. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Tekanan angin ban yang tidak stabil dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar, dikarenakan kinerja mesin yang lebih keras dari biasanya. Ban dengan tekanan angin yang tidak mencukupi akan membuat mobil menampung beban yang lebih berat dari biasanya. Beban yang lebih berat ini akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras agar tenaga dan kecepatan yang dihasilkan dapat digunakan dengan optimal. Oleh karena hal inilah, mesin akan mengonsumsi lebih banyak BBM guna menghasilkan tenaga yang diinginkan.

Guna mengatasi masalah ini, pastikan tekanan angin pada setiap ban mobilmu sudah stabil agar tidak mengganggu kinerja mesin mobil. Tambahkan tekanan angin pada setiap ban mobilmu sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kalian juga dapat memeriksa tekanan angin ban dengan menggunakan alat pengukur tekanan ban.

Mengemudi dengan Kecepatan Konstan

Cara kalian mengemudikan mobilmu dapat mempengaruhi kinerja mesin dalam mengkonsumsi bahan bakar loh. Ketika kalian sering melakukan akselerasi secara mendadak dan berulang kali, maka mesin akan bekerja lebih keras untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Kecepatan yang seringkali berubah ini akan membuat mesin bekerja lebih keras untuk menyesuaikan sistem. Alhasil, mesin akan lebih banyak menggunakan bahan bakar sebagai sumber energinya. Selain itu,  pengereman mendadak yang berulang kali juga akan membuat mobil menjadi lebih boros BBM.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil untuk Liburan Bersama Keluarga

Oleh karena itu, pastikan kalian mengemudi dengan kecepatan yang konstan atau stabil dan tidak sering meningkatkan kecepatan secara tiba-tiba. Melalui cara ini, kalian dapat menghemat bahan bakar lebih banyak pada mobilmu.

Matikan Mesin Mobil saat Berhenti

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: