7 Tips Hemat BBM Mobil yang Bisa Kalaian Lakukan saat Liburan

7 Tips Hemat BBM Mobil yang Bisa Kalaian Lakukan saat Liburan

Macet dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Termasuk juga dalam liburan, ada beberapa jalan dan wilayah yang pasti mengalami kemacetan akibat penumpukan kendaraan yang berlebih. Jika kalian terjebak macet dan harus berhenti dalam waktu yang lama, menepilah dahulu dan matikan mobilmu. Melalui cara ini, kalian dapat menghemat bahan bakar pada mobilmu. Perlu kalian ketahui bahwa mesin mobil yang terus menyala akan mengonsumsi bahan bakar yang ada secara terus menerus. Sama halnya saat kalian sedang beristirahat di rest area, sebaiknya matikan mesin dan buka jendela agar udara masuk ke dalam mobil.

Menggunakan AC Secukupnya

Air conditioner (AC) adalah salah satu komponen yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mesin. Ketika AC dinyalakan, maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC sebesar 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem lainnya yang berkaitan dengan AC. Melalui hal ini, tentu bensin akan dikonsumsi untuk dikonversi menjadi energi bagi mesin AC untuk menghasilkan udara dingin di dalam kabin. Oleh karena itu, penggunaan AC haruslah tepat dan efektif. 

Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan guna memanfaatkan AC dengan efektif. Sebelum menyalakan AC, pastikan udara panas dalam mobil sudah dikeluarkan terlebih dahulu agar AC tidak bekerja terlalu keras. Bukan hanya itu, kalian juga dapat mengoptimalkan kinerja AC dengan mematikan AC saat mesin mobil membutuhkan tenaga lebih, seperti saat melewati jalanan menanjak atau menggunakan economy mode yang dapat meringankan beban pada kompresor. Penggunaan AC juga perlu dilakukan sewajarnya sesuai dengan suhu yang ada di dalam mobil.

BACA JUGA:Fabio Quartararo Menghabiskan Waktu Liburan Jelang GP Silverstone

Memperhatikan Filter AC pada Mobil

Selain penggunaan AC yang tidak efektif dan tepat, filter udara yang sudah terlalu kotor dapat membuat kinerja AC dan mesin meningkat, serta membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Filter yang terlalu kotor akibat penumpukan debu dan kotoran dapat memaksa mesin bekerja lebih berat untuk menyaring udara agar kembali bersih. Menangani permasalahan ini, pastikan kalian mengganti filter udara pada mobil secara teratur agar mesin dapat bekerja dengan stabil dan tidak overload.

Membersihkan dan Servis Mobil secara Menyeluruh

Mobil yang kotor dapat menjadi masalah dalam efisiensi konsumsi bahan bakar mobil. Contohnya, mesin mobil yang kotor, bagian bawah mobil yang penuh dengan lumpur, bahkan sampai oli mesin yang sudah lama tidak diganti. Oleh karena itu, kalian perlu membersihkan mobil dan melakukan servis secara menyeluruh. Hal ini bertujuan agar setiap elemen pada mobil dapat dibersihkan dan memperoleh penyegaran sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal seperti semula. Pastikan kalian membersihkan mobil dan melakukan servis secara menyeluruh sebelum pergi berlibur.

Mengurangi Beban Pada Kendaraan

Beban yang melebihi batas wajar pada mobil dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil. Saat mobil menampung beban yang overload, mesin akan terpaksa bekerja ekstra guna menjalankan mobil. Alhasil, mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih agar kinerja mesin tetap optimal. Biasanya, mobil akan menjadi lebih boros bahan bakar sebanyak 1-2% untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. 

Mengatasi masalah ini, sebaiknya kalian membawa barang-barang yang diperlukan saja saat hendak pergi berlibur. Pastikan juga kalian membawa penumpang sesuai dengan kapasitas mobil agar mobil dapat menopang beban dengan baik dan konsumsi bahan bakar tetap efisien.

Itulah penjelasan detail mengenai beberapa tips atau strategi dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih hemat selama kalian pergi berlibur. Pastikan kalian menerapkannya dengan tepat agar penggunaan bahan bakar pada mobilmu menjadi lebih efisien. Selain itu, penerapan cara-cara di atas juga dapat membuat mesin mobil lebih terjaga dan membantumu mengemudi dengan lebih aman, serta nyaman. Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan rutin pada mesin mobil agar kalian tahu kepastian dari kondisi mobil kalian.

 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: