Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Memang sudah menjadi kebutuhan penggunaan AC  apabila mengendarai sebuah mobil di zaman sekarang.

Tidak seperti zaman dulu yang udaranya tidak terlalu banyak polusi seperti sekarang sehingga masih  bisa menggunakan AC alami atau angin sepoy – sepoy.

Hanya saja penggunaan AC ini sering sekali di anggap menjadi penyebab mobil kita boros BBM.

BACA JUGA:Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Yah bagaikan buah si malakama buka AC privasi tidak terjaga dan rawan tindak kejahtan mengunakan AC masih di hantui dengan boros BBM.

Mari kita cari tahu bersama apa benar pemakaian AC membuat BBm jadi boros.

Apakah AC Bikin BBM Boros?

Menyalakan AC mobil sepanjang perjalanan memang berpotensi membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Apalagi jika kalian menyalakan AC pada suhu yang paling rendah untuk jangka waktu lama. 

BACA JUGA:12 Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Saat AC bekerja di suhu yang paling rendah, maka komponen AC harus bekerja jauh lebih keras. Hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM dan kelamaan menjadi pemicu BBM boros.

Perlu diketahui bahwa kinerja AC itu sendiri akan dibebankan pada mesin. Jadi ketika AC bekerja lebih keras maka mesin juga akan bekerja jauh lebih keras. Padahal mesin mendapatkan tenaga untuk bekerja dari bahan bakar.

Sampai di sini kalian pasti bisa memahami bahwa kerja AC akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin keras AC bekerja maka penggunaan bahan bakar juga akan semakin boros.


AC Mobil bikin boros? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!--freepik

Berdasarkan data dari situs Energy Star, saat AC mobil dalam kondisi menyala maka akan terjadi konsumsi BBM sebanyak 1,89 hingga 3,7 liter per jam. Nilai ini bisa meningkat saat mobil melaju cepat atau dalam kondisi macet.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: