Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

Pastikan untuk memakai AC mobil seperlunya saja demi mencegah BBM boros. Pakailah AC saat memang kondisi sedang panas dan kurang nyaman jika harus berkendara tanpa menggunakan AC.

Jika kalian berkendara di tempat yang sejuk atau mungkin pada saat itu cuaca sedang dingin, maka pemakaian AC bisa dihindari. Daripada membuang energi dan konsumsi BBM untuk memakai AC, lebih baik buka saja kaca mobil kalian.

Tentunya tidak mudah untuk membiasakan diri memakai AC sesuai kebutuhan. Hanya saja kalian perlu mulai melakukannya demi menghemat energi BBM pada mobil kalian.

• Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

Pengguna mobil biasanya merasakan suhu di dalam kabin sangat panas setelah mobil diparkirkan. Apalagi jika parkirnya di bawah sinar matahari dan cuacanya sangat panas. Rasanya suhu di dalam mobil begitu tinggi dan terasa tidak nyaman. 

Hal semacam ini membuat pengguna mobil akhirnya menyalakan AC dengan suhu paling rendah. Tujuannya agar suhu di dalam kabin segera dingin dan memberi kenyamanan saat berkendara. 

Padahal kebiasaan semacam ini bisa membuat konsumsi BBM boros karena suhu AC langsung dipasang rendah. Secara otomatis AC akan bekerja jauh lebih keras dan membuat beban mesin jadi lebih berat. 

Lalu apa solusi yang bisa dilakukan? Cobalah untuk membiasakan diri parkir di tempat-tempat yang teduh. Jika memungkinkan parkir di tempat teduh maka lakukan saja agar nantinya suhu di dalam kabin mobil tidak terlalu tinggi. 

Memarkirkan mobil di tempat teduh akan membuat kalian merasa jauh lebih nyaman saat masuk ke mobil untuk berkendara. Kalian tidak perlu menyalakan AC dengan suhu paling rendah karena suhu di kabin tidak terlalu tinggi. 

BACA JUGA:Jangan Panik, Periksa Bagian ini Jika AC Mobil Tiba-tiba Tidak Mau Hidup

• Buka Kaca saat Baru Masuk ke Mobil

Banyak orang memilih langsung menyalakan AC di suhu terendah begitu masuk ke mobil. Tujuannya agar suasana kabin jadi sejuk lebih cepat. Padahal cara seperti ini tidak dibenarkan karena bisa menambah beban mesin. 

Lebih baik buka dulu kaca mobil kalian dan nyalakan AC di suhu yang normal. Tidak perlu menyalakan AC di suhu terendah agar bisa lebih hemat bahan bakar. Cara ini efektif untuk membuat kabin mobil lebih cepat dingin. 

kalian tidak perlu membuka kaca mobil terlalu lama. Cukup sebentar saja sampai suhu di dalam kabin kembali normal. Tujuan dari pembukaan kaca ini adalah untuk memperlancar sirkulasi udara jadi suhu di dalam mobil tidak terlalu panas. 

kalian juga tidak perlu membuka kaca mobil sampai bawah. Buka sedikit saja yang penting ada ruang untuk udara di dalam mobil keluar dan berganti dengan udara dari luar. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: