Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

Waduh! AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Pada dasarnya AC bukanlah satu-satunya faktor yang akan berpengaruh pada borosnya konsumsi BBM. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian AC memang akan memberikan kontribusi.

Jadi penting sekali bagi kalian untuk lebih bijak lagi saat menggunakan AC di dalam mobil. Pemakaian AC sah-sah saja namun bersiaplah jika konsumsi BBM jadi jauh lebih boros.

Tips Pemakaian AC tanpa Boros BBM

Setelah mengetahui bahwa pemakaian AC mobil bisa membuat BBM boros, tentu kalian jadi bertanya-tanya apa solusinya. Bagaimana caranya agar bisa tetap berkendara sambil menyalakan AC namun BBM bisa dihemat.

Sebenarnya pemakaian AC memang akan menguras kapasitas BBM di mobil kalian. Namun pemakaiannya bisa lebih dioptimalkan agar lebih efisien. Jadi kalian tetap bisa menggunakan AC dengan nyaman dan pemakaian BBM masih wajar.

BACA JUGA:Musim Kemarau Tiba Jangan Lupa Perhatian AC MObil Kalian

Ada beberapa solusi yang bisa kalian coba agar penggunaan AC ini tidak menguras BBM terlalu banyak. Berikut adalah hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk mencapai tujuan tersebut:

• Atur Temperatur agar Tetap Stabil

Tips pertama, aturlah temperatur atau suhu AC mobil kalian agar tetap stabil. Tadi sudah disebutkan bahwa semakin rendah suhu AC yang kalian gunakan maka akan semakin membuat BBM boros.

Oleh sebab itu solusi pertama yang bisa dicoba adalah atur agar temperatur AC tidak terlalu rendah. Jika kalian merasa suhu di dalam mobil sudah cukup dingin, maka naikkan saja temperaturnya.

Tidak masalah jika kalian ingin mengatur suhu AC di angka yang rendah. Namun pastikan hal tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Jika suhu AC ada di angka rendah terlalu lama maka mesin harus bekerja lebih keras lagi.

Jika sudah waktunya menaikkan suhu AC, maka jagalah agar suhu tersebut tetap stabil. Demi menghemat konsumsi BBM, kalian sangat disarankan untuk menjaga suhu tetap stabil di angka yang wajar.

BACA JUGA:Jangan Lansung diHidupkan! Inilah Dampak Menghidupkan AC Mobil Usai Terparkir Lama di Luar Ruang dengan Cuaca Panas!

• Gunakan AC Seperlunya

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: