Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Menutupi motor dengan cover akan mengundurkan niat maling mencuri motor kalian, sebab akan membutuhkan waktu untuk membuka cover dan membobol motornya. Jadi, tidak ada salahnya memasang cover motor demi mencegah kemalingan.

• Mengamankan Barang-Barang Berharga

Meninggalkan barang berharga kalian seperti dompet, lalu dokumen seperti STNK hingga BPKB di jok motor, akan memancing motor kalian dicuri. 

Meski kalian hanya memarkirnya lima hingga sepuluh menit, sebaiknya tetap hindari kebiasaan meninggalkan barang berharga tersebut di tempat terbuka. 

Lalu, bila motor kalian ternyata dicuri, maka kalian juga harus kehilangan barang berharga tersebut. Jadi, kerugiannya bisa dua kali lipat.  

BACA JUGA:Panduan dan Tips Mengatasi Kerusakan Mesin Akibat Banjir pada Motor

• Melepas Komponen Motor yang Penting

Cara memastikan motor tidak dicuri yang satu ini cocok kalian gunakan ketika akan meninggalkan motor untuk pulang kampung saat idul fitri tiba. Komponen penting motor yang dimaksud mulai dari busi, aki, hingga ban motor.

Harapannya, melepaskan komponen penting pada motor tersebut akan mengurungkan niat pencuri mengambil motor kalian. Sebab, tanpa komponen tersebut motor akan sulit untuk dioperasikan bahkan tidak bisa dinyalakan.

Pastikan juga kalian telah memahami tentang komponen motor dan terampil melakukan bongkar pasang spare part motornya.

• Memarkirkan Motor di Area Aman

Bila tidak ada lahan parkir khusus yang memiliki penjaga dan CCTV, kalian perlu mencari area yang aman di mana banyak orang bisa melihatnya. 

Apabila memarkir motor di halaman rumah, kalian bisa mengunci pagar terlebih dahulu dengan gembok agar tidak bisa diakses dari luar.

Terutama bila kalian memarkir motor di pinggir jalan, pastikan bahwa ada yang mengawasi motor kalian agar tidak mudah dicuri. Usahakan parkir di area tertutup dan terlindungi bila situasinya mendukung.

BACA JUGA:Strategi Efektif Panaskan Motor Demi Menjaga Kinerja dan Umur Panjang Mesin

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: