Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Penutup pada SKS hanya dapat dibuka jika menggunakan lubang kunci yang telah menyatu dan satu paket dengan kunci utama yang berasal dari motor tersebut.

Umumnya, motor edisi terbaru telah dilengkapi dengan fitur Secure Key Shutter ini. Ketika kalian mengaktifkan fitur SKS, maka lubang kunci motor akan otomatis tertutup. Lubang kunci pun hanya dapat dibuka dengan bagian kepala dari anak kuncinya saja.

• Memasang Pengaman Ekstra

Cara selanjutnya yaitu dengan memasang alat pengaman ekstra, salah satu contohnya adalah gembok yang bisa dikaitkan pada lubang di cakram depan motor. Gembok juga bisa kalian pasang pada rantai belakang bila motor bukan jenis matic.

Memasang alat pengaman ekstra tersebut akan mengurangi risiko kemalingan motor, sebab maling akan lebih repot dalam membobol motor kalian karena harus mengurus dan membuka gembok tambahan terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Tips Aman Melewati Polisi Tidur Bagi Pengendara Sepeda Motor, Jangan Ngebut!

• Menempel Stiker Tanda Pengenal

Tidak hanya untuk membedakan motor kalian dengan motor lain yang serupa jenisnya, menempelkan stiker tanda pengenal akan membuat pencuri berpikir dua kali saat akan mencuri motor kalian. Ini menjadi trik mudah agar motor tidak dicuri.

Tanda pengenal juga berguna untuk membantu kalian mengawasi motor dari jauh saat sedang parkir di suatu tempat tanpa satpam. Jadi, jika kalian melihat motor bergerak dari kejauhan, kalian otomatis tahu kalau motor sedang dicuri.

• Tidak Lupa Mencabut Kunci dari Kontaknya

Tips satu ini walaupun sederhana namun masih banyak yang lupa melakukannya. Apabila kalian adalah salah satu yang termasuk sering lupa mencabut kunci motor dari kontaknya, maka mulai biasakan mengingat hal ini sebelum meninggalkan motor di area parkir.

Bila lupa, motor kalian akan jadi target mudah untuk para pencuri motor. Jadi, cabut kunci dari kontaknya dan letakkan di tempat yang aman seperti saku celana, dompet hingga saku jaket bagian dalam.

BACA JUGA:4 Barang yang Wajib Disimpan dengan Benar di Dalam Bagasi Motor

• Menggunakan Cover Motor

Opsi yang bisa kalian coba berikutnya untuk mengamankan motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan cover motor. Ini berlaku khususnya apabila motor kalian diparkir pada area terbuka, sekalipun itu halaman rumah kalian.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: