AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Kebocoran yang terjadi ini dapat membuat gas freon menjadi cepat berkurang bahkan habis. Selanjutnya, penggunaan oli juga ikut meningkat dan cepat habis.

Jika oli menjadi boros atau cepat habis, dapat timbul berbagai gesekan di bagian piston. Gesekan tersebut yang menjadi penyebab dari berisiknya bunyi AC mobil.

BACA JUGA:Peresmian GIIAS Bandung 2023, Tampilkan Ragam Model dan Teknologi Otomotif Terbaru untuk Masyarakat Jawa Barat

• Katup Ekspansi Valve Tersumbat

Katup ekspansi valve yang tersumbat juga dapat membuat AC mobil bunyi dengan bising. Katup ini memiliki fungsi sebagai penyalur gas freon yang telah dialirkan dari evaporator.

Jika bagian ini tersumbat atau tertutup, maka gas freon dapat melaju dengan lebih cepat. Selanjutnya, terdengar bunyi berisik dari AC mobil.

Cara Mengatasi Bunyi Bising pada AC Mobil

Telah dijelaskan berbagai penyebab yang bisa menjadikan AC mobil berbunyi berisik. Jika mobil  mengalami hal tersebut, maka terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut merupakan cara yang bisa  ikuti untuk mengatasi bunyi bising pada AC Mobil.

• Lakukan Pengecekan Freon AC

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu penyebab bunyi bising pada AC mobil yaitu gas freon yang habis atau hampir habis.

Oleh sebab itu, maka hal utama yang perlu  cek ketika AC mobil berbunyi bising yaitu kadar gas freon. Jika ternyata sudah kurang, maka perlu dilakukan pengisian ulang.

Dengan demikian,  juga dapat menurunkan risiko bahaya bocornya gas freon. Gas ini memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan, yaitu dapat menyebabkan keracunan gas freon.

Gejala awal dari keracunan tersebut yaitu mengalami mual, muntah, serta kepala terasa pusing. Hal ini sebaiknya diantisipasi.

BACA JUGA:10 Tips Jitu Dalam Mencegah Korosi dan Karat pada Kolong Mobil

• Lakukan Pengecekan dan Bersihkan Evaporator

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: