AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Sebaiknya,  selalu memperhatikan berbagai benda yang ada di kabin mobil. Perhatikan hal-hal remeh seperti sisa makanan, daun atau kerikil yang masuk, hingga pecahan benda asing.

Jika masuk ke komponen AC, maka dapat menyebabkan kompresornya berbunyi dengan berisik. Hal ini juga dapat menghambat kerja AC.

BACA JUGA:4 Fitur Unik Honda CR-V Hybrid yang Jadi Mirip Mobil Listrik

• Komponen AC Tidak Terpasang dengan Benar

Hal selanjutnya yang bisa menjadi penyebab yaitu pemasangan komponen AC yang kurang tepat atau tidak presisi. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan bunyi yang tidak normal.

Jika  memasang sendiri komponen AC, sebaiknya periksa dengan teliti apakah pemasangannya sudah benar atau belum. Jika tidak yakin, ada baiknya pemasangan AC dilakukan di bengkel yang sudah berpengalaman.

• Terjadi Masalah pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch merupakan bagian penting dari AC. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan kompresor dengan mesin. Ketika bagian ini memiliki masalah, kinerja dari AC akan menjadi tidak dapat maksimal.

Kerusakan magnetic clutch akan menghambat berbagai fungsi kompresor. Selanjutnya, kompresor dapat menghasilkan bunyi yang berisik dan mengganggu.

BACA JUGA:Intip Inovasi Aneh dan Unik di Dunia Mobil Formula 1 yang Sangat Mencengangkan

• Puli Tensioner Bermasalah

Bagian lain yang perlu  cek ketika AC mobil berbunyi berisik yaitu bagian puli tensioner. Bisa jadi, bearing yang terdapat di sana telah mengalami aus.

Selain itu, jika AC mobil sering  gunakan untuk mode yang sangat dingin, hal ini akan menjadikan puli tensioner tertekan.

• Saluran AC Mengalami Kebocoran

Bisa jadi, kompresor AC mengeluarkan bunyi bising tidak disebabkan oleh komponennya. Penyebab lain dari bisingnya bunyi AC bisa berasal dari saluran AC yang mengalami kebocoran.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: