Perlu Tau! 5 Teknologi Terbaru di Dunia Otomotif, Fungsi dan Cara Kerjanya Dijamin Bikin Kagum, Kok Bisa?

Perlu Tau! 5 Teknologi Terbaru di Dunia Otomotif, Fungsi dan Cara Kerjanya Dijamin Bikin Kagum, Kok Bisa?

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM --- Dalam mengikuti perubahan zaman, dunia otomotif terus mengalami perkembangan yang luar biasa dari tahun ke tahun.

Dengan adanya berbagai fitur dan teknologi terkini, dunia otomotif menjadi semakin canggih dan modern.

Salah satu contohnya adalah teknologi Autonomous Drive atau mobil tanpa pengemudi. Teknologi ini memungkinkan mobil untuk bergerak secara otomatis tanpa adanya kemudi manusia. Teknologi ini didukung oleh jaringan sensor yang terpasang di seluruh mobil.

Sensor-sensor ini berperan penting dalam mengendalikan pergerakan mobil, mengidentifikasi momen pemberhentian, dan fungsi-fungsi lainnya.

BACA JUGA:Terbaru! Hasil Kualifikasi F1 GP Belanda, Zandvoort: Max Verstappen Sukses Raih Pole Position, Siap Lengkapi Podium Ke-9?

BACA JUGA:Prospek Cerah! Industri Otomotif Indonesia Berpeluang Tumbuh di Kuartal III 2023, 5 Poin ini Jadi Pemicunya?

Keberhasilan dari teknologi ini sangat bergantung pada algoritma yang kompleks yang terintegrasi dengan sensor-sensor tersebut. Beberapa merek mobil yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Tesla, Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan Volvo.

Selain teknologi Autonomous Drive, teknologi kedua yang tak kalah canggih adalah teknologi Anti-Tabrakan yang memiliki fungsi utama dalam mencegah kecelakaan.

Jika kecelakaan tidak bisa dihindari, teknologi ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang dalam waktu yang singkat setelah mendeteksi tabrakan.

Sebagai contoh, Mercedes-Benz memiliki teknologi Pre-Safe yang secara otomatis mengencangkan sabuk pengaman, menyesuaikan posisi sandaran kepala, dan mengatur sudut sandaran kursi setelah mendeteksi tabrakan.

BACA JUGA: Berantas Pemalsuan Pelumas, Aspelindo Tegaskan Penetapan SNI Wajib Pelumas

BACA JUGA:7 Merk Mobil Baru Masuk Pasar Indonesia Tahun 2023, Penasaran? Cek Disini!

Teknologi ini bahkan dapat menutup jendela dan sunroof secara otomatis. Teknologi ini memberikan respons instan untuk meningkatkan perlindungan penumpang saat terjadi tabrakan.

Selanjutnya, ada juga mobil terkoneksi yang memungkinkan kendaraan berkomunikasi dua arah dengan sistem teknologi di luar mobil.

Teknologi ini sangat terkait dengan koneksi internet. General Motors Company (GM) telah menghadirkan teknologi mobil terkoneksi melalui layanan OnStar.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan darurat ke nomor 911 dalam situasi kecelakaan. Teknologi terus berkembang, termasuk kemampuan untuk mendeteksi lokasi menggunakan Global Positioning System (GPS).

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber