Gaikindo Menyikapi Eksistensi dan Tantangan Menuju Era Kendaraan Listrik

Gaikindo Menyikapi Eksistensi dan Tantangan Menuju Era Kendaraan Listrik

Hal itu didasari karena itu memang wewenang pemerintah dan hal ini sejalan dengan wawasan Gaikindo dan industri otomotif nasional.

“Kendaraan bermotor listrik seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle) ataupun FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) atau kendaraan bermotor yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya adalah kendaraan bermotor masa depan yang saat ini keberadaannya semakin nyata," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, Jumat (23/9).

+++++


Kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan Indonesia.|Foto: dok. Gaikindo|

Menurutnya, saat ini industri otomotif Indonesia telah menyediakan kendaraan bermotor listrik hasil produksi dalam negeri yang diciptakan anggota Gaikindo termasuk jenis kendaraan penumpang maupun komersial ringan.

"Harganya dalam rentang kisaran Rp200-Rp300 juta, Rp400-Rp600 juta dan diatas 600 juta," terang Nangoi.

"Ketersediaan merek dan varian kendaraan bermotor listrik tersebut akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah," tambahnya.

BACA JUGA:Kasus Mobil Terbakar, Pahami Kiat yang Tepat Sebelum Terlambat

BACA JUGA:Pengemudi Mobil Listrik Hyundai Dapat Wejangan Khusus Sebelum Kawal G20 Summit di Bali

Eksistensi Kendaraan Listrik

Lebih jauh ia menjelaskan, pihaknya juga telah membuktikan eksistensi keberadaan kendaraan masa depan melalui event GIIAS.

Nangoi menyebut, bahwa pada GIIAS Agustus 2022 lalu, selama 11 hari penyelenggaraannya, telah terjual total 1594 unit kendaraan bermotor listrik.

"Jumlah tersebut termasuk di dalamnya 320 kendaraan bermotor hybrid dan 1274 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB/BEV). Capaian itu melampaui total penjualan kendaraan bermotor listrik sepanjang 2021," jelas Nangoi. 

Selain itu, GIIAS 2022 juga menampilkan jumlah merek dan varian kendaraan bermotor listrik yang terbanyak dibandingkan pameran otomotif yang lain.

BACA JUGA:MG 5 GT Meraih Penghargaan Sedan Terfavorit versi GIIAS Surabaya 2022

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: