Tips Memilih Mobil Terbaik untuk Kebutuhan Off-Road

Tips Memilih Mobil Terbaik untuk Kebutuhan Off-Road

Tidak semua mobil cocok untuk off-road, sebagian besar yang sesuai adalah SUV atau memiliki ciri-ciri serupa.

Sedan atau MPV tidak disarankan untuk aktivitas off-road.

Pastikan mencari informasi jenis dan spesifikasi mobil yang tepat serta sesuaikan dengan medan jalan yang akan dilalui, karena semakin terjal medannya, semakin tinggi spesifikasi mobil yang diperlukan.

Lihat Ban yang Digunakan Mobil

Saat off-road, ban berprofil kasar seperti MT (Mud Terrain) cocok untuk melintasi medan berlumpur dan berbatu.

Jika menghadapi jalan pasir, pilih ban lebih lebar dan tekanan udara rendah untuk efisiensi. Pastikan mobil off-road kamu sudah dilengkapi ban yang sesuai untuk menghindari biaya penggantian tambahan.

BACA JUGA:Sensor Mobil Bunyi Terus? Ini Jalan Keluarnya

Sistem Penggerak Empat Roda (4x4)

Untuk mobil off-road, belilah yang memiliki sistem penggerak empat roda (4x4). Sistem ini meratakan tenaga mesin ke keempat roda, memberikan traksi optimal saat melalui medan licin atau berlumpur.

Dalam kondisi sulit, 4x4 efektif membantu mobil melewati rintangan dengan tenaga lebih besar, terutama pada jalanan menanjak atau tidak rata.

Ground Clearance yang Tinggi

Salah satu hal tidak boleh luput dari perhatian saat memiliki mobil untuk off-road adalah jarak ground clearance yang lebih tinggi daripada mobil konvensional. Perlu kamu ketahui, ground clearance adalah jarak vertikal antara permukaan jalan dan titik terendah pada mobil.

Mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi akan lebih mudah untuk melewati bebatuan, hambatan, dan medan yang tidak rata tanpa terhalang atau terkena benturan fatal pada bagian bawah mobil.

Hal ini juga yang membuat mobil sedan atau MPV tidak cocok untuk kegiatan off-road karena memiliki ground clearance yang rendah.

BACA JUGA:Mengenal Ciri-ciri Berputarnya Kipas Radiator Mobil yang Rusak

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: