Seluruh Poin Perbedaan Mobil Hybrid dan Biasa, Jangan Salah Menilai

Seluruh Poin Perbedaan Mobil Hybrid dan Biasa, Jangan Salah Menilai

Kehadiran motor listrik ini memungkinkan mobil hybrid untuk mencapai akselerasi maksimal dengan efisiensi energi tinggi dan kadar emisi yang rendah. Ketika berakselerasi, motor listrik memberi daya tambahan untuk membantu mesin bensin.

Sehingga, mobil dapat melaju dengan lebih responsif dan bertenaga. Meskipun mobil biasa juga memiliki kemampuan akselerasi, namun tidak seoptimal mobil hybrid karena hanya mengandalkan mesin bensin saja sebagai sumber daya penggeraknya.

BACA JUGA:Mesin Mobil Mati Mendadak di Tengah Jalan? Ini 4 Langkah Awal untuk Hindari Kepanikan

Keunggulan Mobil Hybrid

Dari berbagai perbedaan hybrid car dengan mobil biasa sesuai penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa mobil hybrid memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa di antaranya:

• Efisiensi Bahan Bakar yang Tinggi

Dengan menggunakan dua sumber daya yaitu mesin bensin dan motor listrik, mobil hybrid dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi konsumsi bahan bakar secara keseluruhan agar menjadi lebih efisien.

• Emisi Gas Buang yang Rendah

Kadar emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil hybrid juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis mobil konvensional yang hanya menggunakan mesin bensin atau diesel.

Adanya penggunaan motor listrik dan sistem hibrida yang cerdas membantu mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) dan polutan lainnya, sehingga ikut berkontribusi pada upaya global untuk mengatasi perubahan iklim dan polusi udara.

BACA JUGA:Apa Itu RPM Mobil? Yuk, Kita Ulas Lebih Dalam

• Fitur Regenerative Braking

Mobil hybrid sudah dilengkapi dengan fitur regeneratif untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik saat kendaraan bergerak atau mengerem. Energi listrik ini kemudian disimpan dalam baterai untuk digunakan kembali.

Jadi, fitur rem regeneratif dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus memperpanjang jangkauan mobil dalam mode listrik.

• Lebih Hemat Biaya Operasional

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: