INGAT! Ini 10 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Keluarga, Jangan Bingung Sob

INGAT! Ini 10 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Keluarga, Jangan Bingung Sob

Selain itu, ada lagi teknologi alarm dan immobilizer yang menghindarkan resiko pencurian. Sensor parkir untuk mempermudah pemberhentian dan blind spot monitoring untuk menghindari tabrakan dari arah tak terduga. Sampai hill assist guna mencegah mobil mundur saat melewati tanjakan. 

Semua fitur tersebut bisa disematkan pada satu mobil. Atau satu model mobil mengadopsi beberapa sistem keselamatan tertentu, sesuai dengan potensi resikonya masing-masing. Karena keselamatan keluarga adalah nomor satu, maka pastikan kalian membeli mobil dengan fitur perlindungan yang memadai. 

BACA JUGA:Daftar Harga Toyota Avanza, Agustus 2023 : Mobil Keluarga dan Sejuta Umat

6. Sesuaikan dengan Kebutuhan Sehari-hari

Kalian pun perlu mempertimbangkan soal bagaimana kendaraan roda empat ini akan digunakan tiap harinya. Seperti telah disebutkan sebelumnya, keluarga kecil tidak membutuhkan kapasitas besar. Tapi sebaiknya memilih yang ukuran kabinnya lega dengan interior nyaman. Plus bagasi yang lapang jika sewaktu-waktu butuh berkendara jarak jauh sambil membawa perbekalan.  

Mengingat kebutuhan setiap keluarga pasti akan berbeda, tentunya faktor-faktor pertimbangan di atas perlu diperhatikan lebih teliti. Agar tidak salah dalam memilih kendaraan yang akan menjadi tumpuan mobilitas sehari-hari.

7. Pertimbangkan Biaya Servis Mobil

Biaya perawatan seperti servis rutin, ganti oli, dan perbaikan atau penggantian suku cadang juga patut diperhitungkan. Ini berkaitan dengan fitur dan teknologi yang dibenamkan pada tiap-tiap kendaraan. Makin canggih modelnya, umumnya semakin tinggi pula biaya perawatannya. 

Merek-merek ternama biasanya memberikan layanan purna jual yang relatif bagus, plus memiliki banyak cabang di berbagai daerah. Tidak seperti merek-merek baru, atau produsen Eropa-Amerika yang biasanya cuma membuka layanan di kota-kota besar. 

Hal tersebut juga akan mempengaruhi biaya perawatan, terutama dalam soal penggantian suku cadang. Komponen mobil mewah atau yang mereknya kurang populer, harganya cenderung lebih tinggi daripada yang sudah umum di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Wuling Formo S MPV Model Baru siap Menjadi kendaraan Andalan Keluarga dan Usaha

8. Perhatikan Nilai Jual Mobil

Kendaraan memiliki usia operasional tersendiri. Jika kalian telaten dalam merawatnya, mungkin usia pemakaian bisa jadi jauh lebih panjang dari perkiraan. Tapi sebaliknya, kendaraan yang hanya dipakai dan baru diservis ketika bermasalah bakal cepat kehilangan kemampuan optimalnya.

Usia dan kondisi mobil pasti mempengaruhi nilai jualnya. Selain itu, minat pasar juga menjadi salah satu faktor penentu harga mobil saat dijual kembali. 

Dua mobil berjenis sama dari produsen berbeda yang dirilis berbarengan, bisa jadi akan memiliki nilai jual berbeda di masa depan. Jadi, apabila kalian menganggapnya sebagai aset investasi, sepertinya perlu mempertimbangkan faktor perawatan tersebut. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: