INGAT! Ini 10 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Keluarga, Jangan Bingung Sob

INGAT! Ini 10 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Keluarga, Jangan Bingung Sob

Sebaliknya, apabila penggunaannya untuk transportasi dalam kota yang ringan-ringan saja. Mesin berkapasitas kurang dari 1.500cc sudah cukup memenuhi kebutuhan kalian.  

BACA JUGA:3 Mobil Keluarga Terbaik Paling Nyaman dan Irit Bensin

3. Sistem Transmisi

Sistem transmisi mobil modern terbagi menjadi dua, yakni manual dan otomatis atau matik. Masing-masing jenis transmisi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Transmisi matik cenderung lebih praktis dan mudah dioperasikan. Namun biaya perawatan komponen tersebut umumnya mahal. Sedangkan transmisi manual yang terkesan konvensional, perawatannya tergolong mudah lagi murah. 

Mobil matik cocok buat pengemudi pemula, terutama untuk mobilitas dalam kota yang rawan macet. Sementara mobil manual dinilai lebih pas untuk berkendara jarak jauh, memenuhi kebutuhan kecepatan, dan melalui medan yang berat.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Ini merupakan faktor penting yang bakal berdampak dalam jangka panjang. Pengeluaran keluarga bakal makin membengkak jika kalian salah memilih mobil yang ternyata boros bahan bakar. 

Tingkat konsumsi bahan bakar ditentukan oleh beberapa faktor. Pada umumnya masyarakat awam mengira mesin ber-cc besar pasti boros bahan bakar. Namun dalam kenyataannya, kapasitas mesin bukan satu-satunya yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Penyebab boros BBM adalah karena mesin bekerja terlalu keras, baik akibat ban yang kurang angin sehingga perputarannya sedikit terhambat, maupun saat berat muatan mobil melebihi kapasitas maksimalnya. 

Selain itu, desain komponen piston juga amat menentukan. Mobil-mobil terbaru telah dibekali dengan teknologi pendukung yang bisa meningkatkan kinerja mesin tanpa mengisap bahan bakar berlebihan. 

BACA JUGA:Terkenal Irit dan 'Bandel'! 5 MPV Isuzu Panther ini Jadi Idola Keluarga Indonesia, Cek Keunggulan Lainnya di sini

5. Fitur Keselamatan

Mobil-mobil masa kini dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni. Kalian tinggal memilih fitur-fitur apa saja yang tersedia. Sebut saja yang paling umum, seperti airbag dan sabuk pengaman. 

Beberapa tipe mobil juga dibekali teknologi, semisal ABS (anti-lock braking system), EDB (electronic brake distribution), dan BA (Brake Assist) yang mengoptimalkan sektor pengereman. Ada pula kontrol traksi yang mempererat cengkraman ban kalian di jalan raya, sehingga laju mobil dapat lebih dikendalikan. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: