Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Pelumasan yang baik sangat penting untuk menjaga keawetan mesin. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti oli mobil tua kalian secara berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Oli yang bersih dan berkualitas tinggi akan melindungi mesin dari gesekan berlebihan sekaligus membantu menjaga suhu mesin tetap stabil. Adapun waktu ganti oli yang direkomendasikan adalah sekitar 5.000–7.500 kilometer atau 3–6 bulan sekali.

• Pilih Oli Mesin yang Tepat

Terakhir, pastikan untuk selalu memilih oli mesin yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis mobil kalian. Jika oli sudah berubah warna atau terlihat kotor, segera lakukan penggantian.

Hal ini karena oli yang bersih akan membantu melindungi mesin dari abrasi dan panas berlebihan. Sebaiknya, pilihlah jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil kalian, atau pilih yang merek dan kualitasnya sudah terjamin bagus.

12 tips di atas bisa kalian terapkan untuk menjaga fungsionalitas maupun tampilan mobil kalian agar usia pakainya menjadi lebih panjang. Untuk mempermudah, kalian bisa melakukan servis langsung di bengkel resmi milik pabrikan.

 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: