Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan prima, serta tetap bisa beroperasi dengan baik di jalan. Dengan mengikuti tips perawatan yang tepat, kendaraan kesayangan kalian tetap kondisinya akan selalu terjaga dan tidak mudah rusak.

Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat kendaraan yang sudah berusia tua dengan baik dan benar. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai untuk mempelajari panduan lengkapnya!

Pentingnya Merawat Mobil Tua

Seperti manusia, mobil juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat dan tangguh selama digunakan. Selain itu, merawat mobil juga merupakan bagian dari investasi yang berharga untuk memperpanjang umur kendaraan dan menjaga performanya.

Apalagi, mobil klasik berusia tua yang kondisinya masih prima cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketika kalian memutuskan untuk menjualnya kembali. Itu sebabnya, penting untuk selalu merawat kendaraan kalian meskipun usia pakainya sudah sangat lama.

BACA JUGA:Mobil Matic Mogok? Jangan Sembarangan Dorong, Ikuti 10 Solusi Ini untuk Mengatasinya

Tips Merawat Mobil Tua agar Tetap Tangguh

Jadi, bagaimana panduan perawatan mobil yang sudah tua agar tampilannya tetap menarik dan performanya tetap tangguh maksimal? Mulai dari servis rutin secara terjadwal hingga pemilihan bahan bakar dan oli yang tepat, ini dia beberapa tips yang perlu kalian ketahui:

• Servis Rutin yang Terjadwal

Perawatan atau servis rutin yang terjadwal di bengkel resmi adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan kendaraan tua kalian. Jadwalkan servis secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil tersebut.

Pada setiap sesi servis, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk penggantian oli, filter udara, proses tune up, dan penggantian komponen lain yang sudah aus sesuai kondisi mobil kalian.

• Lindungi Mobil dari Sinar Matahari dan Cuaca Ekstrem

Paparan sinar matahari yang berlebihan dan cuaca ekstrem dapat merusak bodi mobil dan komponen eksterior lainnya. Karena itu sebisa mungkin, hindari memarkir mobil kalian di bawah terik matahari langsung.

Jika memungkinkan, gunakan penutup mobil yang tahan cuaca untuk melindungi kendaraan tua kalian dari hujan, panas, dan debu. Langkah ini dapat membantu mempertahankan tampilannya dan mencegah kerusakan akibat paparan lingkungan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: