Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Tips Agar Mobil Tua Tetap Tangguh

BACA JUGA:Oli Mesin Menguap? Awas, Kenali Potensi Gangguan yang Mungkin Terjadi Saat panas

• Bersihkan Eksterior Mobil secara Teratur

Selain untuk tujuan estetika, pembersihan secara teratur juga penting untuk menjaga keawetan mobil tua kalian. Hal ini karena debu, kotoran, dan sisa-sisa lainnya dapat merusak cat dan permukaan mobil jika dibiarkan terlalu lama.

Selalu gunakan sabun mobil yang lembut dan lap mikrofiber untuk membersihkan mobil secara menyeluruh, termasuk bagian dalam mesin dan bagian bawah mobil yang sering terlewatkan.

• Bersihkan Juga Area Interior Mobil

Kebanyakan orang hanya membersihkan bagian luar mobilnya saja, padahal area dalam atau interior juga tidak kalah pentingnya. Jadi, jangan lupakan bagian interior ketika kalian hendak mencuci atau membersihkan mobil.

Untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan alat-alat seperti sapu, sikat dan lap untuk area dashboard, maupun vacuum cleaner atau penghisap debu. kalian juga perlu membersihkan jok secara berkala. Bila perlu, coba gunakan cover khusus jok mobil.

BACA JUGA:Kenali 16 Tanda Indikator Pada Cluester Meter Mobil, Jangan Diabaikan Jika Menyala!

• Perhatikan Sistem Kelistrikan

Selanjutnya, kalian wajib selalu memeriksa kinerja lampu, klakson, wiper, dan sistem elektronik lainnya. Pastikan tidak ada kabel yang aus atau korsleting. Pengecekan berkala ini dapat mencegah kegagalan sistem kelistrikan.

Jika terjadi kegagalan sistem, ini dapat menyebabkan mobil mogok di jalan. Jadi, jika menemukan lampu yang mati atau perangkat lain yang tidak berfungsi, segera ganti atau perbaiki untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan kalian.

• Perhatikan Sistem Pengereman

Sistem rem adalah komponen mobil terpenting yang menjamin keselamatan ketika berkendara di jalan raya. Beberapa contoh bagian dari sistem rem yang harus selalu diperhatikan adalah kampas dan minyak rem.

kalian wajib mengganti kampas rem dan minyak rem sesuai dengan interval yang direkomendasikan, biasanya setiap 20-30 ribu kilometer atau setiap 1-2 tahun sekali. Tujuannya yaitu untuk menjaga performa pengereman agar tetap optimal.

BACA JUGA:Perhatikan 12 Cara Merawat Cat Mobil Anda Agar Tetep Kinclong

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: