Jangan Tergiur Karna Murah, Begini Cara Membeli Mobil Bekas

Jangan Tergiur Karna Murah, Begini Cara Membeli Mobil Bekas

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas kaian harus hati hati dan teliti dalam pengecekannya apalagi jikalau mobil tersebut ditawarkan dengan harga yang murah.

Biasanya seseorang mau membeli mobil secara cepat apabila mobil tersebut dibandrol dengan harga murah padahal hal tersebut perlu ditanda tanyakan kemurahannya.

Sebelum kalian membeli mobil bekas, kalian melakukan pengecekannya terlebih dahulu. Yuk simak cara beli mobil bekas dibawah ini :

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ternyata Banyak Hal Menarik dari Toyota Kijang Rangga, Wajar Kalau Berjaya di Zamannya

1. Tentukan Anggaran dan Riset Secara Menyeluruh

Sebelum mulai mencari pilihan kendaraan, penting menentukan dana yang cukup. Tidak hanya mempertimbangkan harga beli tapi juga biaya lainnya seperti asuransi, bahan bakar, biaya perawatan, dan perbaikan yang mungkin akan dibutuhkan. Cari tahu terlebih dulu mengenai merek dan model mobil yang kamu minati, lakukan riset untuk mengetahui masalah yang sering terjadi, biaya perawatan, dan harga pasar jika kendaraan tersebut akan dijual kembali.

2. Cermati Penjual Mobil Bekas

Sebagai pembeli, tentunya tidak menginginkan hal buruk terjadi. Oleh karena itu, pembeli perlu mencermati berbagai aspek yang berkaitan dengan transaksi, salah satunya latar belakang penjual. Penjual mobil bekas dapat berupa perorangan maupun lembaga. 

BACA JUGA:WOW! GIIAS Surabaya 2023 Tampilkan 16 Merek Mobil Ternama, Apa Saja Ya?

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya cermati penjual dengan melakukan riset mengenai profil dan riwayat transaksi penjual. Apabila pembeli ingin membelinya di sebuah leasing, pelajari lebih jauh mengenai kondisi leasing tersebut. 

Mencermati riwayat penjual mobil bekas juga dapat membantu kamu untuk mengetahui kebiasaan penggunaan mobil bekas yang akan dibeli dalam kesehariannya. Mengetahui hal itu, kamu akan jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan pembelian mobil bekas tersebut. 

3. Ketahui Riwayat dan Harga Kendaraan

Setelah membuat keputusan atas mobil bekas yang diinginkan, pastikan untuk meminta laporan riwayat kendaraan dari pemilik atau agen penjualan mobil tersebut - seperti apakah pernah mengalami kecelakaan, status hak milik, dan catatan perawatan kendaraan. Dari riwayat tersebut, kamu juga dapat melihat harga mobil dan akan memahami soal perubahan harga mobil tersebut jika akan dijual kembali. Tak hanya dapat menghemat biaya, perawatan yang rutin pada mobil bekas dapat memberikan keuntungan jika ingin dijual kembali.

BACA JUGA:Ngerti Isi Dompet, Inilah Daftar Motor Irit Bensin

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: