Panduan Untuk Memilih Mobil Bekas, Simak Tips dan Langkah Membelinya!

Panduan Untuk Memilih Mobil Bekas, Simak Tips dan Langkah Membelinya!

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Membeli mobil second atau mobil bekas bisa menjadi cara menarik dan efektif untuk mendapatkan kendaraan yang dibutuhkan sesuai dengan dana yang tersedia. 

Walaupun begitu, membeli mobil second memiliki risiko tersendiri. 

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari tipe dan riwayat kendaraan, selain itu tentunya kebutuhan asuransi mobil untuk memberikan perlindungan pada kendaraan dari beragam risiko dan juga keamanan saat berkendara.

BACA JUGA:Touring Tetap Aman Gunakan Motor, Jangan Sepelekan 5 Hal ini!

Supaya aman saat membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti:

1. Siapkan dana dan lakukan riset

Sebelum mulai mencari pilihan kendaraan, penting untuk menentukan dana yang dianggarkan. Tidak hanya mempertimbangkan harga beli tapi juga biaya lainnya seperti asuransi, bahan bakar, biaya perawatan, dan perbaikan.

Cari tahu terlebih dulu mengenai merek dan model mobil yang diminati, lakukan riset untuk mengetahui masalah yang sering terjadi, biaya perawatan, dan harga pasar jika kendaraan tersebut akan dijual kembali.

BACA JUGA:Mobil Kalian Mogok di Tol, Segini Biaya Tarif Derek Mobil

2. Periksa kondisi kendaraan dan lakukan test drive

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh saat ingin membeli mobil bekas, seperti memperhatikan tanda-tanda kerusakan, karat, cat yang berbeda, atau tanda-tanda kerusakan akibat kecelakaan.

Saat pemeriksaan, jangan lupa buka kap mobil dan periksa mesin, sabuk, selang, dan level cairan. Penting juga untuk melakukan test drive kendaraan, agar bisa merasakan dan menilai kenyamanan kinerja serta fitur mobil yang akan dibeli.

Perhatikan suara, getaran, atau handling mobil tersebut. Pastikan untuk mencoba rem dan setir untuk memastikan masih berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Yuk Intip Brand Otomotif Apa Saja yang Ada di GIIAS Surabaya 2023!q

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: