Mau Beli Mobil Bekas? Ikuti Cara Ini Agar Gak Kena Tipu Penjual

Mau Beli Mobil Bekas? Ikuti Cara Ini Agar Gak Kena Tipu Penjual

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas kalian harus pahami terlebih dahulu mengenai bagian mesinnya.

Mobil meruoakan kendaraan yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari hari jangan sampai kalian salah membeli mobil bekas.

Yuk intip dibawah ini cara membeli mobil bekas biar tetap aman dan nyaman.

BACA JUGA:Catet Buruan, Daftar Dealer Resmi Motor Listrik Gesits

1. Tentukan Budget Mobil Bekas

Sebagian orang yang ingin membeli mobil bekas kemungkinan besar terhalang oleh anggaran yang terbatas. Maka dari itu, penting untuk menentukan budget-nya terlebih dahulu. Harga mobil bekas sendiri biasanya berkisar di antara Rp 50 juta –75 juta tergantung merek, kondisi fisik serta mesin, angka di odometer (total jarak tempuh mobil), dan lain sebagainya.

2. Melakukan survei sebelum beli

Tips membeli mobil bekas adalah melakukan survei secara langsung. Survei bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Survei offline bisa dilakukan dengan mendatangi dealer offline. Dengan demikian, kita bisa melihat langsung ketersediaan dan kondisi mobil.

BACA JUGA:Inilah Alasan Hyundai Kekeh Enggan Jualan Mobil Listrik Hybrid!

3. Jangan Tergoda dengan Harga Miring

Harga mobil bekas yang terlalu murah bisa jadi hanya jebakan, entah itu penipuan atau kondisi mobil yang memang sudah tidak layak pakai. Setelah mengumpulkan informasi melalui internet, Anda bisa membandingkan harga mobil bekas yang tipe dan kondisinya serupa satu sama lain. Belilah mobil bekas dengan harga pasar sewajarnya.

4. Cek kondisi eksterior mobil

Bagian pertama yang dicek adalah eksterior mobil, mencakup komponen lainnya juga. Pertama, cek bodi mobil. Sebaiknya memilih mobil yang tidak banyak dimodifikasi pada bagian bodinya. Kemudian, cek juga bagian suspensi. Caranya adalah melihat apakah mobil miring atau tidak, lalu apakah berayun ketika menutup pintu bagasi atau tidak.

BACA JUGA:Sunroof dan Moonroof, Mana Sih yang Lebih Baik?

Selanjutnya, cek juga kondisi ban. Ban yang kondisinya sudah jelek akan menjadi beban bagi kita, yaitu harus beli ban baru atau melakukan spooring lagi. Kemudian, cek juga bagian kampas rem. Kampas rem yang bagus setidaknya masih memiliki ketebalan minimal sisa 1/4.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: