Jangan Sampai Keliru, Inilah 5 Tips Memilih Motor Listrik yang Baik

Jangan Sampai Keliru, Inilah 5 Tips Memilih Motor Listrik yang Baik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi kalian yang ingin memiliki motor listrik harus memperhatikan semuanya secara baik dan benar jangan sampai menyesal.

Kali imi akan ada beberapa tips mengenai cara memilih motor listrik yang baik untuk jangka panjang.

Sebagai informasi, di tengah ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang masih seumur jagung ditambah harga motor listrik yang masih mahal.

BACA JUGA:Segera Dibuka! Buruan Beli Tiket GIIAS Surabaya 2023 Hari ini, Ada Harga Khusus Buat Kalian Sob!

1. Cek Kemampuan Jarak Tempuh dan Kecepatan sesuai Kebutuhan Berkendara

Berbeda dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik memiliki kemampuan jarak tempuh dan kecepatan yang terbatas tergantung kapasitas baterai.

Apabila kemampuan jarak tempuh motor bensin dihitung per liter, jarak tempuh motor listrik dihitung dari baterai posisi penuh ke posisi nol. Ditambah, lokasi SPKLU dan battery swap di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga kamu perlu memperhitungkan kemampuan jarak tempuh.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kecepatan dan torsi maksimum yang dimiliki motor listrik. Saat itu kecepatan maksimum motor listrik di Indonesia belum ada yang bisa mencapai hingga di atas 100 Km/jam.

BACA JUGA:Cara Hilangkan Bau Kabin Mobil Menyengat

Untuk itu, pastikan kamu memilih motor listrik sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk apa motor tersebut digunakan, apakah untuk kegiatan sehari-hari pulang-pergi kerja, rekreasi, touring, bagaimana kontur lintasan yang kamu lalui.

Untuk kebutuhan sehari-hari, kamu bisa memilih motor listrik dengan jarak tempuh yang rendah. Namun apabila kamu membutuhkan motor untuk kegiatan rekreasi atau touring kamu juga perlu mempertimbangkan kecepatan dan torsi maksimal yang tinggi.

2. Perhatikan Kapasitas Charging Motor Listrik dan Daya Rumah

Tips membeli motor listrik yang perlu Anda ketahui kedua adalah perhatikan kapasitas charging motor dan daya listrik di rumah.

BACA JUGA:Emang Benar Biaya Perawatan Mobil Listrik Wuling Air EV Mahal?

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: