Yuk Lebih Mengenal BBNKB, Berapa Sih Biaya dan Cara Menghitungnya?

Yuk Lebih Mengenal BBNKB, Berapa Sih Biaya dan Cara Menghitungnya?

Pungutan Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan kewajiban pajak yang harus dipenuhi oleh pemilik saat mengakuisisi kendaraan bermotor. Saat ini, regulasi terkait BBNKB diatur dalam Pasal 12–16 Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

Biaya balik nama motor gratis sampai kapan?

Program ini berlaku hingga akhir tahun 2023. Untuk memperoleh keringanan Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) secara gratis, pengurusannya dapat dilakukan dengan mengunjungi Kantor Samsat induk atau Samsat yang terletak di wilayah sesuai dengan lokasi pendaftaran kendaraan tersebut.

Tahapan melakukan balik nama kendaraan ini sebenarnya mudah dilakukan, sayangnya tidak sedikit pemilik yang belum melakukannya sesudah membeli mobil bekas. Alasannya, biaya balik nama yang cukup tinggi, padahal jika tidak melakukan balik nama, kalian akan kerepotan saat waktu perpanjangan STNK tiba. 

Selain mengetahui pengertian BBNKB adalah biaya untuk balik nama kendaraan, kalian juga harus melakukan perawatan kendaraan secara berkala. Pastikan merawat kendaraan di bengkel resmi Daihatsu, agar memperoleh perawatan maksimal.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: