Terbaru! Daftar Harga Motor Listrik Bersubsidi dari Pemerintah Periode Agustus 2023, Cek Merek dan Tipenya di Sini

Terbaru! Daftar Harga Motor Listrik Bersubsidi dari Pemerintah Periode Agustus 2023, Cek Merek dan Tipenya di Sini

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Penasara dan berencana beli motor listrik juga, sob? Sabar dulu, mending cari tau dulu informasi lengkapnya.

Karena gak cuma soal modelnya yang beragam, tapi pilihan harga yang ditawarkan para produsen motor listrik dan subsidi yang diberikan pemerintah juga bervariatif.  

Oh ya, persyaratan penerima bantuan pemerintah terkait motor listrik bakal dipermudah. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang membocorkan, syarat terbaru nantinya satu KTP mendapat jatah 'subsidi' satu unit motor listrik.

Bukan tanpa sebab aturan itu mendapat evaluasi. Dalam syarat sebelumnya, bantuan pemerintah Rp 7 juta itu tidak bisa dimanfaatkan seluruh warga Indonesia.

Syarat penerima subsidi motor listrik adalah penerimanya KUR (Kredit Usaha Rakyat), penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BUPM), penerima bantuan subsidi upah, dan penerima subsidi listrik sampai dengan 900 VA.

BACA JUGA:Pole Position di Sesi Kualifikasi MotoGP Inggris 2023, Marco Bezzecchi Tunjukkan Skill di Sirkuit Silverstone, Berikut Hasil Lengkapnya!

BACA JUGA:Ada-Ada Aja! Lamborghini Boleh Pakai Bensin Pertalite? Cek Faktanya di Sini, Efek yang Ditimbulkan di Antaranya...

Berkaitan dengan program yang sudah kita berikan, bantuan pemerintah, kita evaluasi. Jadi, apa berkaitan dengan requirement atau syarat yang sebelumnya ditetapkan, itu nanti kita hapuskan, jadi yang mendapat bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan roda dua berbasis NIK atau KTP itu cuma boleh beli satu motor listrik," kata Agus di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 31 Juli 2023 lalu.

Motor listrik yang mendapatkan potongan harga harus terdaftar dalam Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira). Sejak diumumkan pada Maret lalu, berdasarkan laman SISAPIRa, Senin, 1 Agustus 2023.

Terdapat sisa kuota 198.791 unit motor listrik yang belum tersalurkan. Padahal, Pemerintah punya kuota hingga 200 ribu unit pada tahun ini.

Dalam website tersebut juga tercantum 25 motor listrik dari berbagai merek yang mendapat subsidi motor listrik Rp 7 juta.

BACA JUGA:5 Mobil Hybrid Bulan Agustus 2023

BACA JUGA:Jadi Tempat Penyelenggaraan GIAC ke-17, GIIAS 2023 Terbukti Sebagai Event Beskala Internasional?

Harga tersebut on the road Jakarta dan sudah kena potongan bantuan pemerintah. Menariknya masih ada motor listrik bersubsidi yang dijual di bawah Rp 10 juta, lho.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber