Hati-hati Sob! Ini Dampak Buruk Kebocoran Cairan Power Steering

Hati-hati Sob! Ini Dampak Buruk Kebocoran Cairan Power Steering

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Dampak buruk kebocoran cairan power steering mobil kalian dapat menyebabkan beberapa masalah yang serius bagi kendaraan, seperti sistem power steering berat.

Kerusakan pada komponen-komponen sistem power steering seperti pompa, rack and pinion, dan segel, kerusakan pada komponen-komponen lain dalam mobil seperti mesin dan transmisi.

Kendaraan menjadi lebih boros bahan bakar karena harus bekerja lebih keras untuk melakukan perpindahan gigi, dan kendaraan menjadi lebih panas karena harus bekerja lebih keras untuk menopang sistem power steering.

BACA JUGA:Segini Besaran Biaya Pajak Pertahun Mobil Sejuta Umatnya Toyota

Jika tidak segera diperbaiki, kebocoran cairan power steering dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan menyebabkan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Lantas, apa saja sebenarnya yang menyebabkan kendala kebocoran cairan atau oli power steering ini? Berikut rangkuman  yang telah dikumpulkan oleh Suzuki Indonesia:

Penyebab kebocoran cairan power steering

• Kerusakan Pada Selang

Selang cairan power steering rentan mengalami masalah apalagi jika selalu terpapar panas mesin dalam waktu cukup lama.

Masalah yang umum terjadi adalah bagian selang yang retak atau pecah sehingga menyebabkan rembesan cairan power steering.

Meskipun kadang cairan yang rembes tidak banyak atau terlihat, jika dibiarkan terus menerus permasalahan ini akan menyebabkan kerusakan yang makin parah. Selalu perhatikan garasi tempat kalian memarkir mobil, jika mendapati ada cairan menetes yang bukan dari air pembuangan AC maka segeralah lakukan perawatan. 

• Segel Steering Rack Bocor

Salah satu faktor yang menyebabkan kebocoran oli pada sistem power steering adalah kerusakan pada segel yang terdapat pada steering rack.

Jika segel tersebut retak, maka sistem power steering akan mengalami masalah.

BACA JUGA:Yuk Pakai 14 Merek Ban Motor Ini Aja, Dijamin Anti Licin Sob

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: