Macet Bikin Otak Stres? Tenang Dulu, Hadapi dengan Tips Happy Ini Sob

Macet Bikin Otak Stres? Tenang Dulu, Hadapi dengan Tips Happy Ini Sob

• Gunakan Gigi Rendah Saat Jalanan Merayap

Pengguna mobil bertransmisi manual sebaiknya menggunakan gigi rendah saat arus jalan sedang padat merayap. 

Jika kondisi jalan macet parah gunakan gigi 1 supaya kalian bisa mengontrol mobil dengan mudah dan meminimalisir mobil mati saat beban bensin berlebihan.

BACA JUGA:Tutorial Cek Oli Kompresor AC Mobil yang Efektif, Lihat Warna Olinya! 

Jika mobil kalian jenis matic (transmisi otomatis) sebaiknya posisikan tuas transmisi ke posisi D saat mobil melaju pelan di kemacetan. Posisi tuas transmisi yang tepat akan membantu meminimalisir insiden yang tidak terduga seperti mesin mati secara tiba-tiba.

• Menjaga Emosi dan Tetap Fokus

Berkendara di kemacetan tidak hanya memerlukan kemampuan menyetir yang mumpuni tapi juga membutuhkan keahlian dalam mengendalikan emosi. Ketika di tengah kemacetan pasti ada saja hal-hal yang membuat kalian  jengkel.

Meskipun demikian, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk meluapkan emosi. Sebagai pengguna jalan kita harus saling menghormati dan menjaga lisan untuk menciptakan suasana berkendara yang nyaman. 

Ketika terjadi hal-hal yang mengganggu sebaiknya jangan hiraukan dan teruslah fokus menyetir. Menjaga emosi saat berkendara di jalanan macet sangat penting untuk menghindari terjadinya pertengkaran antar pengendara. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini Kegunaan Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

• Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Kasus kecelakaan di tengah kemacetan sering terjadi karena pengendara tidak hati-hati dalam menjaga jarak aman antar kendaraan. Untuk mencegah tabrakan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan.

Menjaga jarak aman akan membantu meminimalisir kecelakaan jika mobil di depan tiba-tiba berhenti secara mendadak. Dengan menjaga jarak kalian dapat berkendara dengan aman dan tenang, sehingga terhindar dari rasa stres. 

• Selalu Berikan Tanda Saat Berpindah Jalur

Selama di perjalanan tidak mungkin kalian selalu berjalan di satu jalur, pasti ada kalanya berpindah jalur untuk menyalip kendaraan lain. Saat berpindah jalur pastikan selalu menyalakan lampu sein untuk memberikan isyarat ke pengendara di belakang.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: