Yuk Intip Cara Membedakan Velg Mobil Asli atau KW, Jangan Ketipu!

Yuk Intip Cara Membedakan Velg Mobil Asli atau KW, Jangan Ketipu!

Pada umumnya velg kualitas original memiliki bobot yang lebih ringan dari yang palsu. Misalnya, velg palsu ring 17 beratnya sekitar 10 – 11 kilogram, maka yang asli beratnya hanya sekitar 6 kilogram saja. 

Melalui bobotnya kalian bisa mengetahui secara tepat mana velg yang asli dan mana yang palsu. Tapi cara ini tidak sepenuhnya akurat karena ada beberapa jenis velg yang beratnya hampir sama seperti yang palsu, contohnya velg ring 20. 

Jadi jangan menggunakan satu cara untuk mengecek keaslian velg mobil tapi gabungkan beberapa metode untuk mendapatkan hasil yang akurat.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini Kegunaan Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

• Memiliki Perbedaan Kualitas


Yuk Intip Cara Membedakan Velg Asli Atau KW, Supaya Tidak Di Tipu Lagi-macrovector-freepik

Kualitas menjadi penilaian utama dalam membedakan antara velg yang asli dengan yang palsu. Kualitas velg palsu tentu lebih rendah karena proses pembuatannya menggunakan metode pengecoran. 

Sementara velg yang asli dibuat dengan cara ditempa sehingga hasilnya jauh lebih bagus. Selain dari proses pembentukannya, kualitas velg original bisa dikenali melalui hasil finishing-nya. 

velg yang asli memiliki hasil finishing yang rapi dan mulus sedangkan velg yang palsu terkesan asal-asalan dan terlihat berantakan. Misalnya, ada bagian berlubang di bagian dalam permukaannya dan warna catnya berbeda dengan yang velg bawaan pabrik. 

Detail kualitas finishing velg palsu memang tidak diperhatikan oleh pihak produsen mengingat harganya yang murah, sehingga dibuat secara asal-asalan. 

BACA JUGA:Simak Etika Penggunaan Klakson Mobil di Jalan Raya, Jangan Bikin Berisik!

• Ukuran dan Dimensinya Berbeda

Jika ingin mengeceknya secara detail kalian bisa melakukan pengukuran agar mendapat jawaban yang akurat. Dimensi dan ukuran velg palsu biasanya tidak presisi dengan ukuran yang ada di spesifikasi aslinya. 

• Hasil Cetakan Logo dan Mereknya Kurang Bagus

Jangan lupa memperhatikan logo dan mereknya karena bagian tersebut cukup berpengaruh dalam membedakan velg asli dengan yang palsu. Hasil cetakan logo dan merek pada velg palsu biasanya terlihat buram dan kurang jelas. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: