Yuk Intip Cara Membedakan Velg Mobil Asli atau KW, Jangan Ketipu!

Yuk Intip Cara Membedakan Velg Mobil Asli atau KW, Jangan Ketipu!

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Membedakan antara velg asli dengan yang KW (palsu) sebenarnya mudah asalkan kalian hafal dengan ciri-ciri barang yang asli. Dari segi kualitas tentu velg palsu tidak sebagus yang resmi buatan produsen. 

Tingkat ketahanannya dan keawetannya juga tidak sama karena material dan proses pembuatannya berbeda. Maka tak heran bila velg palsu harga jauh lebih murah dari yang original buatan produsen resmi. 

Jika dibandingkan tentu velg original jauh lebih baik karena masa pakainya lebih lama meskipun harganya lebih mahal. Supaya tidak tertipu dengan barang palsu sebaiknya simak tips membedakan velg original dan replika berikut ini. 

BACA JUGA:Tips Memilih Mobil Terbaik untuk Kebutuhan Off-Road

Tips Membedakan Velg Asli dan Palsu

velg menjadi salah satu komponen penting dalam menunjang penampilan mobil. Mengganti velg ban bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin mengubah tampilan mobil menjadi lebih keren. 

Kalian bisa dengan mudah menemukan berbagai model velg di toko-toko otomotif terdekat. Selain produk kualitas OEM (original equipment manufacture) banyak toko otomotif yang menjual velg original import dan palsu. 

Jika ingin membeli yang asli sebaiknya kenali dulu cara membedakan velg original dengan yang palsu pada pembahasan berikut ini. 

Harganya Jauh Lebih Murah

Sebelum membeli velg ada baiknya jika kalian melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasarannya. velg kualitas OEM biasanya jauh lebih mahal dari yang palsu, perbedaan harganya bisa sampai 4 kali lipat dari velg palsu. 

Misalnya, harga velg palsu ring 17 sekitar Rp5 juta maka harga barang yang asli bisa mencapai Rp20 juta – Rp25 juta. Tapi jangan terlalu berpatokan pada harga karena di luar banyak pedagang curang yang menjual velg palsu dengan harga setara yang asli. 

BACA JUGA:Jangan Asal Beli, Kenali Dulu Ukuran Busi Mobil Kalian Sob!

• Bobotnya Lebih Berat dari yang Asli

Cara membedakan velg asli dengan yang palsu berikutnya bisa dilihat dari bobot velg tersebut. Setelah menanyakan harga jangan langsung percaya bahwa velg tersebut asli, pastikan dulu beratnya terlebih dahulu agar tidak mudah ditipu penjual.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: