Mengenal Ciri-ciri Berputarnya Kipas Radiator Mobil yang Rusak

Mengenal Ciri-ciri Berputarnya Kipas Radiator Mobil yang Rusak

Inilah yang membuat performa AC tidak maksimal saat dinyalakan.

• Mesin Mobil Sering Overheat

Selain AC yang kurang dingin, kipas radiator mobil berputar terus menjadi salah satu tanda bahwa kemampuan cooling pada mesin berkurang. 

Kipas yang lemah tidak lagi mampu mendinginkan mesin dengan optimal seperti biasanya. Hal ini menyebabkan mesin kerap mengalami kondisi panas berlebih.

• Munculnya Engine Knocking

Engine knocking atau kondisi di mana mesin menimbulkan bunyi atau suara seperti ketukan. Hal ini terjadi saat suhu mesin tinggi, sehingga pembakaran terjadi lebih cepat dari yang seharusnya terjadi.

BACA JUGA:Mesin Mobil Mati Mendadak di Tengah Jalan? Ini 4 Langkah Awal untuk Hindari Kepanikan

Langkah-langkah Sederhana Perbaikan Kipas Radiator Mobil

Saat komponen ini rusak atau mengalami gangguan, sebenarnya cara yang tepat adalah menemukan sumber kerusakannya sendiri. 

Nah, ada beberapa langkah yang bisa kalian  lakukan, misalnya:

• Segera Dinginkan Suhu Mobil

Proses Cooling pada mesin dilakukan agar mesin terhindar dari kerusakan tambahan. Jika mesin terlalu panas, segera matikan mesin dan diamkan selama minimal 30 menit. Agar proses pendinginan lebih cepat, buka kap mobil dan biarkan udara bebas memasuki area mesin.

BACA JUGA:CFTMOTO Tiongkok Rakit Motor KTM Terbaru: 'KTM 790 ADVENTURE'

Lepaskan Kipas Radiator

Lepaskan radiator dengan cara mencopot semua baut yang tertera pada mesin. Tarik perlahan. Lepaskan kabel, tarik bagian kipas, lalu keluarkan kipas dari radiator.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: