Jangan Panik! Ini Penanganan Pertama Jika Ban Mobil Kalian Pecah Mendadak

Jangan Panik! Ini Penanganan Pertama Jika Ban Mobil Kalian Pecah Mendadak

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Ban mobil pecah di tengah jalan bisa menimbulkan kepanikan dan mengundang bahaya. 

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, masih banyak pengendara yang merasa tidak siap dan bingung harus berbuat apa saat mengalami hal ini. 

Untuk menghindari berbagai potensi yang mengancam keselamatan kalian, pahami apa saja faktor penyebab ban pecah, apa yang harus dilakukan dalam situasi ini, dan upaya pencegahannya.

BACA JUGA:Yamaha Resmi Hadirkan CYGNUS GRYPHUS Monster Energy MotoGP, Warna Eksterior Biru Balap!

Apa Saja 6 Faktor yang Menyebabkan Ban Mobil Pecah?

Ada banyak faktor yang bisa membuat ban mobil menjadi pecah, mulai dari tekanan udara ban sampai modifikasi yang berbahaya. Ini penjelasan lengkapnya.

• Tekanan Udara Ban yang Tidak Cukup

Seperti berjalan dengan sepatu yang longgar, kurangnya tekanan udara pada ban menyebabkan ban mobil bisa pecah dan membuat kalian kehilangan kendali atas mobil di jalan.

Hal ini karena ban yang kurang angin akan mengalami deformasi saat berputar dan menimbulkan gesekan yang berlebihan dengan permukaan jalan. Gesekan ini akan meningkatkan suhu dan tekanan pada ban, sehingga membuat ban mudah meletus. 

• Perawatan Ban yang Tidak Rutin

Tanpa perawatan rutin, ban bisa jadi lemah dan rentan terhadap kerusakan. Perawatan ini merujuk pada pemeriksaan kondisi fisik ban, seperti ketebalan kembang, keretakan, benjolan, atau robekan pada permukaan ban.

Selain itu, perawatan ban juga meliputi pengecekan keseimbangan dan keselarasan roda, serta rotasi ban secara berkala untuk mencegah terjadinya keausan yang tidak merata pada ban.

BACA JUGA:Ada 3 Warna Baru Honda Rebel 500 CMX Indonesia, Cek Harga OTR-nya

• Terkena atau Tertembus Objek Tajam

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait