Jangan Panik! Ini Penanganan Pertama Jika Ban Mobil Kalian Pecah Mendadak

Jangan Panik! Ini Penanganan Pertama Jika Ban Mobil Kalian Pecah Mendadak

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tidak mengubah atau memodifikasi ban secara sembarangan dan konsultasikan dengan ahli sebelum melakukannya.

Cara Menangani Ban Mobil Pecah Ketika Berkendara


Jangan Panik! Ini Penanganan Jika Ban Mobil Kalian Pecah-jcomp-freepik

Ban yang pecah bisa menyebabkan mobil kehilangan kendali dan tergelincir. Maka dari itu, pahami 7 cara menanganinya untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

• Tarik Napas Pelan, Jangan Sampai Panik Berlebihan

Panik hanya akan membuat kalian kehilangan fokus dan membuat situasi semakin buruk. Jadi, cobalah untuk tetap tenang dan berpikir jernih. Ingatlah bahwa kalian masih bisa mengendalikan mobil meskipun ban kalian pecah.

BACA JUGA:9 Faktor Gas Mobil Kempos, Kami Berikan Solusinya

• Hindari Penggunaan Pedal Rem

Mengerem secara mendadak atau keras bisa membuat mobil kalian berputar atau terbalik karena ban yang pecah akan mengurangi daya cengkeram dengan permukaan jalan. Jika kalian harus mengerem, lakukan secara perlahan dan hati-hati.

• Lepaskan Gas Secara Perlahan

Langsung melepaskan gas secara tiba-tiba bisa membuat mobil kalian meloncat atau terguling. Oleh sebab itu, ;lepaskan gas secara perlahan dan biarkan mobil kalian melambat secara alami.

• Pegang Stir dan Pertahankan Arah Mobil yang Lurus

Jangan mencoba untuk mengubah arah atau menikung karena bisa membuat mobil kalian tidak stabil dan tergelincir. Jika ban depan yang pecah, kalian akan merasakan getaran atau tarikan pada stir.

Jika ban belakang yang pecah, kalian akan merasakan goyangan atau ayunan pada mobil. Tetap pegang stir dengan kuat dan pertahankan arah mobil yang lurus sampai kalian menemukan tempat yang aman untuk berhenti.

BACA JUGA:Mesin Mobil Mati Mendadak di Tengah Jalan? Ini 4 Langkah Awal untuk Hindari Kepanikan

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait