Awas! Aquaplaning/Hydroplaning Bahaya Buat Pengendara Motor dan Mobil di Musim Hujan

Awas! Aquaplaning/Hydroplaning Bahaya Buat Pengendara Motor dan Mobil di Musim Hujan

Jika saat memeriksa kendaraan kalian merasa ban mobil sudah aus atau sudah tidak layak untuk dipakai, maka bisa menggantinya menggunakan ban mobil yang baru. 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Mobil Convertible Mewah, Ngece Makin Lebih Asyik!

Usahakan pula ban kendaraan kalian tersebut memiliki kemampuan untuk memecah genangan air secara maksimal guna menghindari kejadian tergelincir atau yang lainnya.

Selama berkendara di jalanan basah atau licin, kalian pula bisa mengikuti jalur kendaraan yang berada di depan. 

Kendaraan yang meninggalkan bekas jalur tersebut mampu mereduksi jumlah air yang kalian lalui.


Penyebab ban mobil benjol-Jual Ban Bekas-Facebook

Meski begitu, kalian pun harus tetap menjaga jarak aman tiap kendaraan untuk mengantisipasi jika kendaraan di depan berhenti secara tiba tiba.

Tapi bagaimana caranya mengatasi jika berada terjebak dalam kondisi hydroplaning? Saat kalian berada dalam kondisi seperti ini, usahakan untuk tidak menginjak rem secara mendadak. 

Hal tersebut dapat mengakibatkan kendaraan kalian akan terkunci dan bisa dengan mudah tergelincir. Selain itu, usahakan pula untuk mengurangi tekanan pedal gas agar kendaraan melambat.

Mengendarai kendaraan roda empat, tidak hanya sekedar menaikinya semata kalian pula diharapkan harus siap siaga ketika berada di dalam kondisi yang tidak diinginkan. 

Salah satunya saat jalanan basah dan licin, sehingga mengharuskan kalian untuk menjadi lebih waspada. 

Namun sebenarnya kondisi ban tergelincir tidak hanya karena jalan licin saja, tetapi terdapat faktor lainnya yang harus kalian pahami.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: