Tips Merawat Motor dan Komponennya di Musim Hujan

Tips Merawat Motor dan Komponennya di Musim Hujan

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagaimana cara merawat komponen motor saat musim hujan? Memasuki akhir tahun, tibalah musim hujan di Indonesia.

Mengendarai sepeda motor ketika musim hujan membutuhkan kehati-hatian ekstra karena jalanan licin dan jarak pandang terbatas. Untuk itu, kamu wajib mempersiapkan segala aspek yang berhubungan dengan keselamatan.

Paling penting tentu ada pada motor yang kamu kendarai. Pada musim hujan, motor butuh perawatan ekstra. Sebab, kandungan asam pada hujan bisa menyebabkan kerusakan komponen motor. Agar motor kesayanganmu tetap dalam kondisi prima selama musim hujan, simak tips perawatannya berikut ini.

BACA JUGA:Simak Cara Merawat Mobil Tua dengan Benar

Lakukan Perawatan Rutin

Periksa dan ganti oli mesin sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh produsen. Cuaca basah dapat menyebabkan oli tercampur dengan air, sehingga pemantauan dan penggantian oli sangat penting.

Periksa kondisi saringan udara dan gantilah jika perlu. Saringan udara yang kotor dapat mengurangi kinerja mesin.

Periksa sistem pendingin, pastikan level cairan pendingin cukup, dan pastikan tidak ada kebocoran dalam sistem.

Pengecekan Ban

Pastikan tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang terlalu kempis dapat menyebabkan hilangnya traksi, sedangkan ban yang terlalu keras dapat mengurangi cengkeraman saat berkendara di jalan basah.

BACA JUGA:Hal Wajib yang Dilakukan Saat Touring Motor Bareng Club, Biar Makin Asik

Inspeksi secara berkala keausan dan kerusakan pada ban. Ban yang aus perlu diganti segera untuk menjaga keamanan berkendara.

Perlindungan Terhadap Air

Gunakan penutup motor untuk melindungi motor dari hujan saat tidak digunakan. Penutup motor dapat membantu mencegah kerusakan akibat air dan kelembaban.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: