Jangan Asal! Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

Jangan Asal! Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

• S atau Sport

Beberapa mobil otomatis modern dilengkapi dengan mode "Sport" yang dapat dilambangkan dengan huruf "S". Mode ini dirancang untuk memberikan respons gas yang lebih langsung dan mempertahankan gigi lebih lama untuk memberikan pengalaman mengemudi yang lebih sporty.

Kalian sebaiknya mengaktifkan mode ini apabila berkendara di jalan bebas hambatan seperti tol. Mengingat kecepatan yang dihasilkan juga cukup tinggi. Selain itu, penggunaannya biasanya hanya untuk tes drive pada mobil mewah. 

BACA JUGA:Ini Sukter Matic Anti Mainstream yang Bisa Menambah Pengalaman Berkendara Kamu

• M atau Manual

Beberapa mobil otomatis memiliki mode "Manual" yang dapat dilambangkan dengan huruf "M". Mode ini memungkinkan pengemudi untuk secara manual menggeser gigi menggunakan tuas persneling atau paddle shifters di kemudi.

Namun demikian, tidak semua memiliki mode M ini. Beberapa produsen mobil matic mulai menonaktifkan modenya pada mobil keluaran terbaru mereka.

• + dan -

Pada beberapa persneling, kalian mungkin melihat simbol + dan - di sekitar mode manual atau sport. Ini digunakan untuk menggeser gigi secara manual, dengan tombol + untuk naik ke gigi yang lebih tinggi dan tombol - untuk turun ke gigi yang lebih rendah.

• Shift Lock

Beberapa mobil dengan transmisi ini memiliki fitur Shift Lock. Fungsinya adalah agar bisa melepas pengunci tuas transmisi. Sehingga nantinya bisa dipindahkan ke posisi N saat mesin sedang mati.

BACA JUGA:Ini Posisi Transmisi Matic yang Baik saat Berada di Lampu Merah

Selain itu, manfaat Shift Lock selanjutnya adalah ketika sedang parkir paralel. Mobil ini bisa digeser dengan cara didorong.

Selain keamanan, shift lock juga berfungsi sebagai pengingat untuk pengemudi agar selalu memastikan bahwa kendaraan berada dalam posisi "Park" sebelum keluar dari kendaraan.

Hal ini mencegah kejadian di mana pengemudi keluar dari kendaraan tanpa menyadari bahwa persneling masih dalam posisi "Drive" atau "Reverse," yang dapat mengakibatkan kendaraan bergerak secara tiba-tiba.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: