Jangan Asal! Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

Jangan Asal! Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

Sebenarnya hampir sama dengan mobil manual, apabila kalian ingin mundur, maka tinggal mengarahkan tuas transmisi pada posisi R. Bedanya pada bagian pedal kopling saja.

Pada mobil matic, saat persneling mobil matic berada di posisi "R", mobil akan bergerak mundur apabila pengemudi menekan pedal gas. Ini digunakan untuk melakukan manuver mundur, seperti keluar dari tempat parkir atau mundur dari sebuah jalan.

• N artinya Neutral (Netral)

Posisi "N" menandakan netral. Saat mobil dalam posisi netral, mesin tidak terhubung dengan transmisi, sehingga roda tidak terkunci. Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda.

Kalian dapat menghidupkan mode ini apabila memilih berhenti sebentar dengan posisi mesin yang tidak dimatikan. Sementara kalian masih berada dalam balik kemudi untuk menunggu langkah berikutnya.

BACA JUGA:Mobil Matic Mogok? Jangan Sembarangan Dorong, Ikuti 10 Solusi Ini untuk Mengatasinya

• D artinya Drive (Maju)

Tentu kalian sudah tidak asing dengan persneling mobil matic mode ini bukan? Huruf "D" adalah mode drive, mengemudi, jalan atau maju. Ini adalah posisi yang paling sering digunakan saat mengemudi. 

Saat berada pada posisi "D", transmisi akan secara otomatis menggeser gigi agar kendaraan dapat bergerak maju. Kalian dapat mengaktifkan mode ini apabila akan mulai berkendara.

Pada posisi ini pula, terdapat kode angka mulai 1 hingga 3. Kalian bisa saja mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk angka 1, berarti kalian akan berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang.

Sementara jika kalian melewati tanjakan, posisikan pada angka 2 supaya kecepatannya sedang. Terakhir pada angka 3, kalian dapat mengemudi dengan kecepatan yang tinggi.

BACA JUGA:Jangan Pernah Sepelekan 10 Hal Kecil Ini Saat Mengendarai Motor Matic!

• L atau 1, 2, 3: Low Gears (Gigi Rendah)

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang dapat dilambangkan dengan huruf "L" atau angka 1, 2, dan 3. Posisi ini digunakan ketika kalian ingin membatasi transmisi agar tetap berada di gigi rendah. 

kalian bisa menggunakan persneling mobil matic mode low gears ini saat melewati daerah dengan tanjakan atau turunan curam. Namun tentu saja sebelum mengaplikasikannya, pahami terlebih dahulu angka ini. Supaya lancar dalam mengendarai mobil.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: