Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Ciri Freon AC Sudah Habis

Freon merupakan komponen penting yang akan mendukung kerja AC. Jika freon AC habis maka harus segera diisi yang baru agar AC kembali bekerja normal. Kalian harus tahu apa saja ciri yang menunjukkan freon AC habis. 

Freon AC mobil sebenarnya butuh waktu lama untuk habis. Namun bisa saja lebih cepat jika terjadi kebocoran. Berikut ini beberapa ciri yang bisa kalian kenali saat freon AC habis:

 BACA JUGA:Ragam Jenis Kaca Mobil Unggulan dan Panduan Pemasangannya

• Hanya Keluar Angin dari AC

Ciri pertama yaitu AC mobil kalian hanya mengeluarkan angin dan tidak terasa dingin. Jika freon masih ada dan bekerja optimal maka AC akan mengeluarkan angin yang disertai udara dingin. 

Saat freon habis, AC masih akan bekerja dan menyala. Kipas pendingin juga akan menyala, namun hanya angin yang keluar dan rasanya cenderung hangat. Bahkan meskipun kalian sudah mengatur suhu AC ke paling rendah. 

• Magnetic Clutch Terus Bekerja

Saat sistem AC menyala, magnetic clutch akan terbebas karena freon memberi tekanan. Selain itu akan muncul juga suara ketukan dari dalam ruang mesin ketika kalian menyalakan AC mobil. 

Namun hal ini tidak akan terjadi ketika freon AC mobil kalian habis. Tidak akan ada suara ketukan dan magnetic clutch akan terus terhubung. Akhirnya magnetic clutch akan terus bekerja, tidak sesuai teori kerja AC saat normal. 

 BACA JUGA:Ini Tips Memilih Kaca Film yang Pas Buat Mobil, Bisa Menghalau Panas Matahari Langsung!

• Tidak ada Cairan Mengalir dari Sight Glass

Ciri lain yang menunjukkan freon pada AC mobil kalian habis adalah tidak adanya cairan yang mengalir dari sight glass. Kalian bisa mengecek langsung di bagian kap mesin dan melihat adanya cairan tersebut. 

Sight glass ini memiliki fungsi penting dalam mendeteksi apakah masih ada freon AC yang bekerja. Kalian akan melihat adanya cairan dari dalam kaca jika freon AC masih dan bekerja dengan baik sesuai fungsinya. 

Namun jika freon AC sudah habis maka cairan tersebut akan hilang. Kalian tidak akan melihat cairan apapun yang mengalir dari sight glass. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: