Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Bagi kalian yang belum mengenal apa itu freon ac, mari kita kenalan dengan  sang pendingin kabin mobil ini, cupaya kalian tidak tersesat ketika ada masalah pada ac mobil kalian.

Freon AC mobil menjadi komponen penting yang akan berpengaruh pada kenyamanan kalian saat berkendara. Bagian inilah yang akan membuat AC mobil bekerja efektif menurunkan suhu di dalam kabin. 

Semua orang pasti setuju bahwa berkendara menggunakan AC di dalam mobil sangatlah nyaman. Itulah mengapa freon ini menjadi bagian yang sangat penting. Mari cari tahu lebih jauh apa sebenarnya freon AC itu dan seperti apa fungsinya. 

BACA JUGA:12 Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Apa Itu Freon AC Mobil?

Freon merupakan senyawa yang bentuknya cair dan memiliki fungsi penting dalam menyerap panas di sistem AC. Hal inilah yang membuat freon mampu mengubah suhu panas menjadi lebih dingin di dalam kabin mobil. 

Freon itu sendiri tidak memiliki warna dan bau. Secara mudahnya, freon ini merupakan cairan yang akan menyerap panas lalu menghasilkan udara yang dingin untuk dikeluarkan. 

Cara kerja freon AC mobil dimulai ketika udara masuk ke evaporator. Udara tersebut akan disaring dan terkena freon sehingga keluar dengan suhu yang jauh lebih dingin. Udara ini nantinya akan dihembuskan keluar oleh kompresor. 

Saat freon sudah tidak bisa digunakan kembali, maka udara yang ditekan oleh kompresor nanti akan tetap panas. Inilah kondisi dimana kalian harus segera mengganti freon agar AC kembali menghasilkan udara dingin. 

Jenis Freon AC

Ada beberapa jenis freon yang mendukung kerja sistem AC. Pastikan kalian memahami jenis-jenisnya agar tidak salah saat melakukan pengisian freon. Berikut ini beberapa jenis freon yang biasa digunakan pada AC mobil:

• Freon R-12

Pertama ada jenis freon R-12 atau freon chloro fluoro carbon yang banyak sekali dipakai pada jenis mobil tahun 80-an hingga 90-an. Freon ini terdiri dari bahan penyusun ethane dan methane. 

Sayangnya jenis freon ini kurang ramah lingkungan karena bahan penyusunnya tadi memiliki dampak buruk bagi lapisan ozon di bumi. Tidak heran jika jenis freon ini sudah tidak digunakan lagi pada mobil tipe baru.  

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: