Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Freon AC Mobil dan AC Rumah Apa Sama? Simak Penjelasannya Nih Sob

Freon tipe ini tidak memiliki warna dan mudah terbakar. Selain itu harganya juga sangat terjangkau dan memiliki kandungan chlor yang sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga harus dihindari. 

 BACA JUGA:AC Mobil Bunyi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

• Freon R-22

Selanjutnya ada freon AC mobil R-22 yang menjadi pengganti dari freon sebelumnya. Freon ini banyak digunakan pada mobil di tahun 90-an dan masuk kategori hydro chloro fluoro carbon dan masih bisa menimbulkan kerusakan lapisan ozon. 

Jenis freon ini memiliki dielektrik yang cukup besar dan tidak menimbulkan karat. Meskipun masih berbahaya bagi lapisan ozon namun kerusakan yang ditimbulkan cenderung kecil. 

Freon R-22 memang masih digunakan namun harus dengan pengawasan yang ketat. Selain itu tipe freon ini juga tidak boleh dipakai secara berlebihan mengingat masih ada bahan penyusun yang berbahaya. 

• Freon R-134a

Lalu muncul freon tipe R-134a yang saat ini cukup banyak digunakan. Jenis freon ini juga sering disebut hydro fluoro carbon dan memiliki kandungan chloro. Tipe inilah yang banyak digunakan pada kebanyakan mobil modern saat ini. 

Pemakaian freon ini tidak bisa digabungkan dengan jenis freon lain. Alasannya karena freon ini memiliki karakter yang berbeda. Jadi lebih aman jika freon tipe ini digunakan sendiri tanpa penggabungan. 

Namun perlu diketahui bahwa freon R-134a ini belum sepenuhnya aman digunakan. Freon ini masih bisa memicu terjadinya pemanasan global karena GWP (global warming potential) yang dimiliki masih cukup tinggi. 

 BACA JUGA:Potensi Bahaya Kaca Mobil Pecah Mendadak, Simak Penyebab dan Solusinya

• Freon Hydrocarbon

Selanjutnya ada freon hydrocarbon yang terbuat dari bahan hidrogen dan karbon alami. Bahan yang digunakan ini merupakan pengganti refrigerant sintetis sehingga jauh lebih aman dan tidak merusak lapisan ozon. 

Bahan penyusun hydrocarbon ini juga memiliki tingkat GWP yang relatif rendah. Tidak heran jika jenis freon ini disebut-sebut paling aman dan banyak digunakan untuk mobil-mobil modern masa kini. 

Karakter freon AC mobil ini mirip dengan freon sintetis sebelumnya. Namun freon ini cenderung lebih mudah terbakar jadi butuh perawatan khusus. Jadi pastikan kalian memperhatikan aspek perawatannya dengan baik.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: