Ada Teknologi Mesin Terbaru pada Mobil, Sudah Tahu Belum?

Ada Teknologi Mesin Terbaru pada Mobil, Sudah Tahu Belum?

BACA JUGA:Pentingnya Pergantian Filter Udara Kabin untuk Kesehatan Penumpang Mobil

Air Maintenance Technology

Air maintenance technology adalah sebuah inovasi teknologi terbaru yang sangat berguna bagi ban mobil.

Fitur ini memungkinkan ban mobil untuk melakukan pengisian dengan sendirinya sesuai dengan kebutuhan dan menjaga keseimbangan tekanan angin pada ban.

Metode kerja fitur ini adalah melalui sensor yang berada dalam rongga kecil dan disambungkan ke bagian ban dalam, lalu ditempelkan ke bagian ban utama. Saat ban berputar, angin dapat masuk dan menyebar ke dalam sehingga ban akan terisi sesuai kapasitasnya.

Fitur ini juga memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan keselamatan berkendara, meningkatkan daya cengkeram dan stabilitas kendaraan dengan menjaga tekanan angin, memperpanjang usia ban, mengurangi potensi keausan ban, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Turbo-compound

Setiap proses pembakaran dalam mesin mobil akan menghasilkan energi panas. Energi panas ini berasal dari gas buang yang dihasilkan pembakaran. Seringkali, energi panas ini terbuang sia-sia dan hanya menjadi gas buang saja. Namun, ada satu teknologi terbaru yang dapat mengelola energi panas dari gas buang tersebut menjadi energi baru bagi mobil. Teknologi tersebut bernama turbocompounding.

BACA JUGA:Bikin Mobil Kinclong dengan 5 Tips Poles Ini

Turbocompounding adalah teknologi mesin pembakaran yang menggunakan turbin untuk memulihkan energi dari gas buang. Perlu kalian ketahui bahwa pada mesin pembakaran mobil konvensional, energi dari gas buang sebagian besar terbuang dan tidak digunakan kembali.

Kehadiran turbocompounding tentu membuat perbedaan signifikan dengan memanfaatkan energi tersebut untuk menggerakkan turbin yang digunakan untuk menggerakkan komponen lainnya, seperti kompresor udara atau generator listrik. Teknologi turbocompounding terbukti mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang, dan meningkatkan tenaga mesin pada mobil dengan optimal.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: