Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Murah Tapi Nggak Murahan!

Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Murah Tapi Nggak Murahan!

Berikutnya, kalian bisa mendapatkan harga mobil bekas yang lebih miring apabila membelinya langsung dari pemilik mobil. Namun, proses ini memang lebih menantang dibandingkan kalian membeli dari showroom pada umumnya.

Bila kalian memiliki tenaga dan kesabaran yang cukup, siapkan diri untuk survey berkali-kali sampai menemukan harga mobil yang sesuai budget. 

Selain membeli dari pemilik langsung, kalian pun bisa mencari mobil second di balai lelang. kalian hanya harus siap dengan adu harga bersama peserta lelang yang lain, yang mana notabene sudah memiliki pemahaman lebih luas tentang  harga mobil second.

BACA JUGA:Ragam Jenis Kaca Mobil Unggulan dan Panduan Pemasangannya

• Melihat Indikator Mobil di Panel Instrumen

Trik ini sering dilewatkan oleh para pembeli mobil bekas, namun kalian bisa menerapkan trik ini agar mengetahui kondisi internal mobil untuk ditelusuri lebih lanjut. 

Adapun indikator yang dimaksud mulai dari kondisi aki, engine check, hingga tekanan oli mesin. Terutama bila kalian datang bersama dengan inspektor, maka minta bantuannya untuk menjelaskan indikator ini pada kalian.

Jadi, kalian pun paham kondisi internal mobil yang sebenarnya.

• Mengecek Riwayat Servis Mobil

Selanjutnya, kalian bisa cek riwayat servis dari aplikasi yang tersedia. Tahap pengecekan ini bertujuan untuk memberi pembeli informasi tentang penggantian komponen (spare parts) hingga perbaikan apa saja yang pernah pemilik mobil sebelumnya lakukan.

Pengecekan riwayat ini biasanya harus membawa mobil dan buku servis ke bengkel resmi. Selain itu, kalian pun dapat melakukan cek riwayat servis melalui aplikasi yang tersedia. 

kalian dapat registrasi dengan memasukkan data mobil serta alamat email untuk verifikasi dan konfirmasi. Lalu, aplikasi akan menampilkan catatan servis berupa tanggal servis, detail pekerjaan servis, hingga odometer.

• Menyalakan Mesin Mobil 

Untuk memastikan kondisi mesin bebas dari rembesan oli, kalian bisa menyalakan mesin mobil bekas selama 10 hingga 15 menit saat melakukan pengecekan. Kemudian, perhatikan area kepala silinder, blok mesin, atau karter oli.

Bila muncul oli atau debu pekat pada titik-titik tersebut, maka ini menjadi catatan yang bisa menentukan apakah kalian akan membeli mobilnya atau tidak. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: