Mengatur Road Trip : Checklist dan Tips Aman

Mengatur Road Trip : Checklist dan Tips Aman

JAKARTA,OTOMOTIFXTRA.COM - Sudahkah kalian merencanakan liburanmu? Jika kalian belum merencanakan perjalanan liburanmu, sudah tiba saatnya untuk merencanakannya. Pasalnya, liburan panjang akan berlangsung dalam hitungan minggu. Sangat disayangkan rasanya, jika kalian tidak memanfaatkan libur panjang ini untuk pergi berlibur atau melakukan aktivitas yang kalian sukai. Salah satu hal yang sering dilakukan banyak orang di akhir tahun adalah melakukan perjalanan ke tempat yang jauh atau road trip.

Melakukan road trip, terutama saat libur panjang seperti pada akhir tahun adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk mengisi liburanmu. Kalian bisa dengan bebas menyusun rencana dan menentukan tujuan, serta rute perjalanan liburanmu. Road trip juga dikenal dengan sensasinya dalam menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan. Namun, sebelum melakukan road trip, tentu ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan dan lakukan agar perjalananmu dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Lalu, apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan road trip? Apa hal-hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar dan aman? Melalui artikel kali ini, Maybank Finance akan menjelaskannya dengan detail untukmu. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA:Intip Inovasi Aneh dan Unik di Dunia Mobil Formula 1 yang Sangat Mencengangkan

Persiapan Sebelum Melakukan Road Trip

Menentukan Tujuan dan Rute Perjalanan

Sebelum menentukan hal lainnya lebih jauh, hal pertama yang perlu kalian perhatikan dan tentukan adalah tujuan wisata dan rute perjalananmu. Hal ini sangat penting sebagai poin utama dalam road trip-mu dan menjadi hal penentu dalam menentukan hal-hal lainnya. Jika kalian masih bingung dalam menentukan destinasi wisata yang kalian inginkan, kalian dapat mencari inspirasi di internet atau bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah melakukan road trip. Pastikan pula kalian menentukan rute yang aman dan nyaman untuk dilalui agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Mempertimbangkan Waktu dan Lama Perjalanan

Selain menentukan tujuan destinasi dan rute perjalanan, ada hal lain yang perlu kalian tentukan pula sebelum memulai perjalanan. Hal tersebut adalah memperkirakan waktu dan lama perjalanan yang akan dilakukan. Hal ini sangat penting agar kalian dapat menyusun rencana perjalanan lebih detail dan mengatur waktu dengan lebih rapi. Misalnya, jika kalian memperoleh informasi estimasi waktu perjalanan adalah 3 jam, kalian dapat menyusun rencana perhentian guna beristirahat sejenak atau mengisi bahan bakar mobil. Melalui hal ini, kalian juga dapat mengetahui berbagai tempat peristirahatan, pom bensin, atau toko oleh-oleh. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan kondisi cuaca di setiap tempat yang akan kalian kunjungi.

Menentukan Anggaran atau Budget Perjalanan

Setiap perjalanan atau road trip tentu memerlukan alokasi dana yang cukup untuk memenuhi setiap kebutuhan selama perjalanan berlangsung. Mulai dari biaya bahan bakar, makanan, akomodasi, tiket masuk tempat wisata, dan lain sebagainya. Belum lagi perjalanan dengan mobil yang akan melewati banyak jalan tol, tentu akan ada biaya yang cukup besar untuk membayar fasilitas tol tersebut. Oleh karena itu, kalian perlu menentukan dan menyusun anggaran yang realistis sebelum melakukan road trip. Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan anggaran darurat untuk berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat perjalanan berlangsung.

Memastikan Kesiapan Kondisi Mobil

Jika kalian sudah menentukan destinasi wisata, menyusun rencana perjalanan dengan matang, dan mempersiapkan budget perjalanan yang pas, saatnya kalian mempersiapkan mobilmu. Memastikan kesiapan mobil sangat penting dilakukan agar tidak terjadi masalah pada mobil di tengah-tengah perjalanan. Oleh karena itu, periksalah mobilmu dan pastikan mobil dalam kondisi prima dan layak pakai. Sebaiknya, kalian juga melakukan servis sebelum pergi melakukan road trip-mu.

BACA JUGA:Spesifikasi Mobil Vladimir Putin Anti Rusak Meski Dihantam Bom, Keamanan Tak Tertandingi!

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: