Sunroof dan Moonroof, Mana Sih yang Lebih Baik?

Sunroof dan Moonroof, Mana Sih yang Lebih Baik?

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Ada beberapa jenis kaca atap mobil, yaitu sunroof, moonroof, dan panorama roof. Ada banyak orang di luar sana yang meskipun mengaku penggemar otomotif, namun tetap saja tidak bisa membedakan antara mana yang sunroof, moonroof, serta panorama roof.

Perlu kalian ketahui bahwa sunroof dan moonroof terdapat perbedaan dari cara membukanya.

Pada sunroof, kaca akan terbuka dengan bergeser ke atas atap. Sementara moonroof, kaca bergeser dengan masuk ke dalam atap.

BACA JUGA:Mobil Listrik Murah Tapi Fitur Mewah, Inilah Spesifikasi Wuling Bingo

Lantas, manakah yang lebih baik Sunroof atau Moonroof? Yuk simak dibawah ini.

Moonroof membuat mobil menjadi elegan. Atap mobil dengan moonroof mampu membuat kalian bisa sekaligus melihat pemandangan dan birunya langit.

Namun orang jarang mengetahui apa  itu moonroof. Sebab umumnya mereka hanya mengenal sunroof pada mobil.

BACA JUGA:Inilah Alasan Hyundai Kekeh Enggan Jualan Mobil Listrik Hybrid!

Mayoritas orang menyebut atap kaca pada mobil sebagai sunroof. Padahal perlu kalian pahami bahwa tidak semua atap kaca pada mobil disebut sunroof. Ada juga moonroof mobil dan juga panoramic roof.

Moonroof adalah jenis kaca atap yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Pada moonroof, ada rel khusus untuk menggeser kaca agar bisa terbuka dan tertutup.

Sehingga moonroof masuk ke dalam kaca ketika dibuka sehingga pandangan semakin luas dan ruang sirkulasi udara juga semakin lega.

BACA JUGA:Jangan Lansung diHidupkan! Inilah Dampak Menghidupkan AC Mobil Usai Terparkir Lama di Luar Ruang dengan Cuaca Panas!

Tetapi, jenis atap ini harus dirawat dengan baik. Seperti yang diketahui, jenis atap ini digerakkan oleh rel, oleh karena itu jenis kaca atap yang satu ini rawan macet.

Kemudian, atap jenis ini juga biasanya digerakkan otomatis oleh tombol. Bila rel macet, atap mobil jenis ini dapat terjebak dan tidak bisa ditutup kembali. Hal ini tentu akan menyusahkan, apalagi cuaca sedang terik atau malah hujan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: