Pameran Mobil Langka Jadi Perayaan 50 Tahun Porsche Turbo

Pameran Mobil Langka Jadi Perayaan 50 Tahun Porsche Turbo

Porsche Turbo-Porsche-

STUTTGART, OTOMOTIFXTRA.COM - Tahun ini, pabrikan mobil sport asal Jerman, Porsche akan merayakan hari jadi varian legendaris mereka, Porchse Turbo. Tema 'Beyond Performance – 50 Years of Porsche Turbo' jadi konsepnya.

Untuk itu, disiapkan kegiatan trade fair untuk penggemar mobil klasik dan penggemar mobil sport. Salah satunya dengan menghadirkan pameran yang mengesankan dari tanggal 25-28 April 2024.

Acara ini bakal menghadirkan banyak penggemar mobil klasik dan mobil sport dari seluruh dunia ke Stuttgart. Bagi Porsche, pameran dagang ini bukan sekadar 'home game', namun merupakan agenda rutin dalam kalender acara tahunannya.

“Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-50 Turbo di Retro Classics. Tidak ada model lain yang mencerminkan dorongan inovatif perusahaan seperti turunan Turbo,” kata Achim Stejskal, Direktur Porsche Heritage and Museum.

BACA JUGA:Beli Toyota Rush di Bulan April Bisa Berhadiah Umroh, Segini Cicilannya

Tampilkan Model Legendaris

Bicara model pertama, pada tahun 1974, pabrikan mobil sport tersebut menghadirkan seri pertama 911 Turbo di Paris Motor Show. Sebuah teknologi yang bermigrasi dari motorsport ke produksi seri dengan ciri khas gaya Porsche.

Nantinya, di Stand A74 di Hall 1, perusahaan akan menampilkan 911 Turbo pertama—yang mengantarkan Porsche memasuki era baru.

Model pertama dari jenisnya yang dipamerkan juga merupakan model one-off, yakni Porsche 911 Turbo “No. 1”, yang diterima Louise Piëch sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-70 pada musim panas 1974.

“Kami sangat senang bisa menunjukkan kepada pengunjung kendaraan yang selalu terdepan pada masanya," tambah Achim.



Berbeda dengan model Turbo yang ditawarkan oleh pabrikan sejak musim semi 1975, hadiah Piëch memiliki bodi sempit seperti 911 Carrera. Kap mobil sport berkekuatan 240 PS tersebut berlogo “Carrera” dan bukan logo “Turbo”.

BACA JUGA:Suzuki Indonesia Umumkan Perbaikan 448 Unit Jimny, Ini Penyebabnya

Varian langka berikutnya yang dipamerkan adalah 911 Turbo 3.0 Coupé dari tahun 1975. Porsche dalam Silver Green Diamond ini adalah salah satu dari 30 Turbo pertama yang diselesaikan dalam produksi seri.

Kaca spionnya cocok dengan kaca Carrera dan dicat dengan warna eksterior, sedangkan sayap yang lebih lebar dilas ke bodi dengan tangan.

Penarik penonton lainnya di stand seluas lebih dari 500 meter persegi adalah 911 GT2 dengan ekstensi sayap dan saluran masuk udara tambahan. Untuk menyediakan udara yang cukup bagi mesin Turbo, sayap belakang yang dapat disesuaikan memiliki bukaan samping.

Jajaran mobil balap dari keluarga besar Porsche Turbo yang juga dipamerkan di pameran ini adalah 911 GT1 1998. Ini adalah sebuah mobil balap ringan dengan bobot hanya 970 kilogram.

BACA JUGA:Chery Siapkan Mobil Listrik Baru, Bakal Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Berbeda dengan pendahulunya dengan bagian depan baja lembaran, mobil sport bermesin tengah ini menampilkan monocoque serat karbon dan kulit luar plastik. Mesin enam silinder 3,2 liter berpendingin air dengan dua turbocharger menghasilkan tenaga sekitar 550 PS.

Masih ada juga 911 Turbo S adalah salah satu dari hanya 435 model yang dibuat oleh Porsche Exclusive. Serta 911 Turbo S 'Duet' tahun 2020 merupakan produk kerjasama antara Porsche dan pabrikan pesawat Embraer.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: