Motor Habis Dibawa Mudik, Jangan Lupa Perhatikan Bagian Ini

Motor Habis Dibawa Mudik, Jangan Lupa Perhatikan Bagian Ini

Jangan lupa juga mengenai kebersihan sepeda motor. Setelah digunakan berkendara dalam waktu dan jarak yang cukup jauh, pastikan sepeda motor bebas dari kotoran seperti debu, tanah, noda, maupun minyak yang menempel di bodi kendaraan.

Apabila hal ini dibiarkan dan tidak dicuci atau dibersihkan dengan benar, kotoran tersebut dapat meninggalkan kerak dan mempengaruhi kinerja dan tampilan sepeda motor.

BACA JUGA: Tips Merawat V-Belt pada Skuter Matik (Skutik) Lansiran Astra Honda Motor (AHM)

Selain pemeriksaan dan perawatan kendaraan, Hariadi menambahkan agar pengendara selalu ingat untuk merawat riding gear yang telah digunakan.

Pengendara sering kali lupa melakukan perawatan perlengkapan keselamatan seperti riding gear agar senantiasa aman dan nyaman ketika digunakan kembali.

"Helm, jaket, sarung tangan, sepatu maupun jas hujan yang telah digunakan juga memerlukan perhatian khusus terutama dari segi kebersihannya," tandasnya.

BACA JUGA: Lampu Indikator Check Engine Terus Menyala?, Lakukan Tips ini!

Riding gear tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari risiko buruk yang mungkin terjadi di jalanan. 

"Sedangkan untuk pemeriksaan mesin maupun komponen lainnya, pengendara dapat melakukannya di bengkel resmi untuk menjaga kualitas dan kinerja mesin agar tetap optimal dan tahan lama," tutupnya.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: