Motor Habis Dibawa Mudik, Jangan Lupa Perhatikan Bagian Ini

Motor Habis Dibawa Mudik, Jangan Lupa Perhatikan Bagian Ini


Motor yang telah dikendarai jarak jauh perlu diperiksa agar kondisinya tetap prima.|Foto: dok. Suzuki|

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA – Tradisi mudik menggunakan sepeda motor bagi sebagian orang menjadi salah satu pilihan yang tidak dapat dihindari.

Persiapan sebelum berangkat mudik pun harus dilakukan dengan baik untuk meminimalkan kendala selama di perjalanan.

Begitu pun setelah kembali, sepeda motor yang telah dikendarai jarak jauh perlu diperiksa agar kondisinya tetap prima saat digunakan kembali untuk beraktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: Biar Mudik Aman dan Nyaman, Kondisi Ban Juga Wajib Diperhatian, Ini Tipsnya

Menanggapi hal itu, Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan, langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan kondisi rantai-rantai kendaraan maupun CVT untuk motor matik.

Selain itu, lanjut dia, hal lain yang harus dilakukan adalah pengecekan kondisi oli (pelumas). Periksa kondisi volume, kekentalan dan perubahan warna oli.

"Hal ini karena beban kerja mesin dan tentunya oli yang cukup berat selama perjalanan jauh. Segera lakukan pergantian oli apabila dengan berbagai indikator tersebut ada yang bermasalah, termasuk apabila masa pemakaian oli sudah habis," terangnya, Rabu (18/5/2022).

BACA JUGA: PT Suzuki Indomobil Sales Bagikan Tips Perawatan Ban Agar Kinerja Suzuki New Carry Pick Up Tetap Prima

Kemudian, lakukan juga pemeriksaan atau penggantian terhadap komponen seperti filter udara dan filter oli, ketebalan kampas rem bagian depan dan belakang, serta area komstir atau kemudi yang berpotensi membuat berkendara tidak nyaman.

Pemeriksaan suspensi juga harus dilakukan setelah berkendara melewati jalanan cukup jauh yang tentunya tidak sedikit yang berlubang atau bergelombang.

+++++


Motor yang telah dikendarai jarak jauh perlu diperiksa agar kondisinya tetap prima.|Foto: dok. Suzuki|

Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi ban dengan cara mengecek tekanan ban dan memperhatikan tampilan ban (sobek, berlubang, aus atau gundul).

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: