Tips Bawa Motor Sport Fairing Yamaha R15 di Sirkuit, Ikuti langkahnya Siapa Tau menang di Yamaha Sunday Race

Tips Bawa Motor Sport Fairing Yamaha R15 di Sirkuit, Ikuti langkahnya Siapa Tau menang di Yamaha Sunday Race

Berikut, poin-poin dari M.Faerozi pembalap dari Yamaha Racing Indonesia bagikan tips bawa motor sport fairing di sirkuit :

Persiapan fisik.

Kondisi fisik harus optimal karena berkendara dalam kecepatan tinggi di sirkuit dengan konsentrasi penuh dapat menguras tenaga, lakukan pemanasan sebelum balapan untuk melenturkan badan.

Safety gear.

Gunakan kelengkapan safety gear yang nyaman dan dapat memberikan perlindungan maksimal yang mengikuti standar balap. 

Hal yang wajib diperhatikan adallah penggunaan helm full face yang ukurannya pas di kepala untuk kenyamanan dan safety. Jika longgar bisa mengganggu ketika balapan.

Karena hantaman angin bisa membuat helm goyang atau posisinya bisa berubah, sedangkan helm yang sempit memberikan tekanan berlebih di kepala yang menyebabkan pusing.

BACA JUGA:Yamaha MT-25 Warna Baru dan grafis baru, Ditawarkan Oleh Yamaha Indonesia Motor Manucfaturing Seharga Rp 56 Jutaan Saja 

Riding posture/posisi berkendara.

Saat di trek lurus posisi badan lebih menunduk, kepala juga menunduk, posisi tangan dan kaki menjepit tangki, posisi bokong mundur ke belakang.

Dengan posisi seperti ini bertujuan untuk meminimalisir hambatan dari terpaan angin untuk mendapatkan aerodinamika yang baik sehingga saat trek lurus bisa lebih cepat.

Jika masuk tikungan, posisi badan disesuaikan misalnya tikungan ke kanan maka posisi badan cenderung bergeser ke kanan.

Begitu juga sebaliknya (lean in) dan posisi kaki sisi dalam tikungan agak dibuka. Posisi ini bermanfaat agar lebih kuat menahan motor dari gaya sentrifugal. 

Selain itu, saat akan memasuki tikungan, posisi motor/racing line motor ada di bagian luar atau tengah tikungan, agar saat keluar tikungan motor tidak melebar

Teknik berkendara.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: pt yamaha indonesia motor mfg