Ini Empat Fakta Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang

Ini Empat Fakta Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang

Kecelakaan Bus-Polda Jateng-

SEMARANG, OTOMOTIFXTRA.COM - Kecelakaan bus terjadi di saat arus mudik Lebaran 2024 ini. Kali ini kejadian dialami bus PO Rosalia Indah di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Kamis (11/4).

Bus bernopol AD 7019 OA ini melaju dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang) tiba-tiba terperosok dan masuk ke parit pada sisi jalan tol. Bus sempat berjalan dalam kondisi terperosok sejauh 200 meter.

Para korban meninggal diakibatkan terjepit bodi bus dan ada yang terlempar keluar.

Akibat kecelakaan tunggal ini, ada tujuh korban meninggal dunia. Serta ada beberapa penumpang yang selamat dan hanya mengalami luka ringan. Dari kejadian ini, ada empat fakta yang terangkum sebagai berikut:

BACA JUGA:Berkaca Dari Kecelakaan KM 58, Ini Sembilan Cara Aman Melaju di Contraflow

1. Kelelahan Supir Jadi Penyebab Kecelakaan

Sebagian besar penyebab kecelakaan tunggal kerap didapati dari kelalaian pengemudi atau human error. Kasus kecelakaan bus PO Rosalia Indah ini pun salah satunya.

Dikutip dari Kompas.com, Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan menyatakan jika kecelakaan ini disebabkan supir yang mengalami microsleep karena kelelahan.

"Keterangan dari saksi, terutama pengemudi bus, ini keterangannya memang dari awal sudah kelelahan. Kemungkinan terjadi microsleep maka terjadi kecelakaan tunggal," kata Aan.

Microsleep sendiri merupakan kondisi tertidur tiba-tiba karena kelelahan. Dalam kondisi ini, tubuh tak bisa lagi mengendalikan kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk.

BACA JUGA:Kecelakaan di Contraflow KM 58, Dua Mobil Terbakar 12 Orang Meninggal Dunia

2. Kondektur Bus Turut Menjadi Korban

Tujuh korban meninggal terdiri dari empat wanita dan tiga pria, termasuk diantaranya anak-anak berusia 3 dan 1 tahun. Sumarno (45), salah seorang korban merupakan kondektur dari bus tersebut.

Bus ini mengangkut 34 orang, termasuk pengemudi dan kondektur. Selain tujuh orang meninggal, ada 15 orang luka ringan dan 12 penumpang selamat. Empat korban selamat yang telah pulang dan ditangani oleh manajemen PO Rosalia Indah.

3. Evakuasi Korban Menggunakan Helikopter

Saat evakuasi korban, ruas tol Batang-Semarang sempat ditutup. Sebab helikopter milik Polri mendarat di jalur tol. Seluruh korban dievakuasi ke RS Islam, Kendal. Hal ini pun membuat video pendaratannya menjadi viral di media sosial.

4. Bus Sempat Mengalami Pergantian Armada

Sebelumnya, bus yang melayani rute Bekasi (Pondok Ungu) menuju Ponorogo, Jawa Timur ini sempat mengalami pergantian armada. Penggantian bus dengan nomor lambung 402 ini dilakukan di KM 227 pada pukul 01.31.

BACA JUGA:Keren, Mobil Listrik NETA Jadi Armada Taksi Bandara Halim

Namun pergantian bus kelas executive tak disertai dengan supir. Sehingga bus kemudian tetap melaju dalam kondisi supir yang sudah kelelahan. Setelah perjalanan selama beberapa jam, terjadi kecelakaan tunggal di KM 370.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait