10 Bagian Penting untuk Pendinginan Mesin Mobil, Lengkap dengan Cara Kerja dan Fungsinya

10 Bagian Penting untuk Pendinginan Mesin Mobil, Lengkap dengan Cara Kerja dan Fungsinya

10 Bagian Yang Berperan Dalam Pendinginan Sebuah Mesin Mobil, Beserta Cara Kerja Dan Fungsinya-freepik-freepik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM -  Ketika mesin mobil suhunya melebihi batas standar, maka dapat berakibat pada overheat sehingga mesin bisa mati secara tiba-tiba.

Alat pendingin mesin mobil berguna untuk mendinginkan mesin ketika suhunya mencapai batas tertentu, berikut penjelasannya.

Inilah 10 Alat Pendingin Mesin Mobil

Berikut komponen vital dalam proses pendinginan mesin kendaraan, di antaranya:

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Supermoto Kawasaki D-Tracker X 250

1. Radiator

Radiator adalah komponen utama dan memiliki peran penting dalam pendinginan kendaraan, dimana berfungsi mendinginkan air yang telah digunakan untuk menurunkan suhu mesin dengan cara menyalurkan udara melalui kisi atau lubang.

Komponen ini umumnya terletak terpisah dari mesin, yakni berada di bagian depan sehingga dapat mendatangkan pasokan udara dingin dan nantinya diperlukan dalam proses pendinginan. 

2. Kipas Radiator

Seperti namanya, kipas radiator berfungsi memberikan aliran udara di komponen tersebut sehingga membantu proses pendinginan air. Namun kipas ini berbeda dengan kipas umum yang menghembuskan atau meniupkan udara.

3. Pipa Radiator

Berperan dalam mendistribusikan dan menghubungkan coolant, bagian pipa berfungsi sebagai penghubung blok radiator dengan mesin agar dapat mengalirkan air radiator yang panas untuk kembali ke radiator dan sebaliknya.

Terdapat dua jenis pipa, yakni pipa bawah guna membawa air dingin ke mesin bersuhu panas serta pipa atas guna membawa air panas yang berasal dari penyerapan suhu mesin ke radiator.

BACA JUGA:Ternyata Begini Sob Cara Kerja Mobil Hybrid

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: